Lanal Nias Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023

HEADLINE, TNI/POLRI13 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nias menggelar upacara militer peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023, di Lapangan Apel Mako Lanal Nias, Jalan Baloho Indah, Nomor 1, Kecamatan Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan. Senin (16/01/2023).

Upacara dipimpin oleh Palaksa Lanal Nias Myor Laut (P) Ismail Hamid, dan bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) Letda Laut (S) Arianto serta Perwira Upacara (Paup) Letda Laut (S) Taufik Hidayat.

ads

Palaksa Lanal Nias membacakan amanat tertulis dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., MTr.Opsla. Dalam amanatnya mengatakan, peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023 yang dilaksanakan setiap tanggal 15 Januari, merupakan momentum untuk mengenang kepahlawanan para pejuang laut yang telah mendharmabhaktikan bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

“Peringatan Hari Dharma Samudera kali ini kiranya mengingatkan kita kembali kepada suatu peristiwa di laut Arafuru, yang menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Putra  bumi pertiwi gugur dalam keberanian yang tak terbayangkan, dengan kapal yang jauh lebih kecil sama sekali tidak mengecilkan semangat patriotisme mereka untuk melawan Armada Belanda,” tuturnya.

“Kepada setiap prajurit Jalasena Samudera yang menjadi Garda terdepan di semua palagan, yang mengamankan laut-laut perbatasan, yang mengawal pulau-pulau terluar, yang menjaga perdamaian dunia dan yang menjamin tegaknya hukum di setiap penjuru laut nusantara, laut adalah Medan Dharma Bhakti kita, jangan biarkan satu yard-pun laut kita tak terjaga, jangan biarkan kekayaan alam kita dirampas semena-mena, jangan biarkan sedetikpun keamanan laut tidak kita pelihara,” sambung Kasal dalam amanatnya.

Peserta upacara terdiri dari satu peleton gabungan Pamen, Pama, dan ASN, satu peleton gabungan Bintara dan Tamtama.

Upacara selesai pada pukul 8.30 WIB dan berjalan aman dan lancar. (Sintel Lanal Nias/Red)