Lanal Nias Peringati Hari Armada Tahun 2022

Nias Selatan, LiniPost – Dalam rangka memperingati Hari Armada RI, Tahun 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nias melaksanakan upacara pada Senin (5/12/2022) di Mako Lanal Nias, Jalan Baloho Indah, Teluk Dalam, Nias Selatan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara PgS. Palaksa Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismail Hamid yang sehari-hari menjabat sebagai Pasintel Lanal Nias. Sedangkan Komandan Upacara adalah Letda laut (P) Andi Rahman yang sehari-hari menjabat Pasminlog Lanal Nias dan Perwira Upacara adalah Letda Laut (S) Arianto yang sehari-hari menjabat sebagai Dansub Unit Intel Lanal Nias.

ads

Upacara diikuti oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Nias.

Komandan Lanal Nias  Kolonel Laut (P) Jerri Henry Manuhutu, M.Tr., Hanla., CRMP yang diwakili PgS. Palaksa Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismail Hamid membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

“Pada hari yang istimewa ini, dengan rasa bangga saya kembali berdiri di hadapan para prajurit Kesatria Perkasa di Tengah Samudera, para pengawal Armada Republik Indonesia. Hari ini kita torehkan sejarah, untuk pertama kali hari Armada kita peringati secara terpusat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau di tanah para pahlawan Bahari Sultan Mahmud Riayat Syah dan raja Haji Fisabilillah membangun dan mengarahkan armada laut yang tangguh mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi. Nilai-nilai perjuangan dan semangat pengorbanan mereka akan selalu menginspirasi setiap langkah pengabdian kita kepada negara dan bangsa yang kita cintai ini,” KSAL dalam amanat tertulisnya.

Menurutnya, situasi dunia dan kawasan yang bergerak sangat dinamis mengharuskan TNI Angkatan Laut untuk terus membangun dan menata kekuatan, agar dapat merespon setiap ancaman terhadap kedaulatan negara dan keamanan laut nusantara secara cepat, tepat dan efektif penataan organisasi perlu dilakukan baik melalui validasi organisasi maupun relokasi satuan, dengan prinsip keterpaduan efektivitas kodal serta penyebaran distribusi kekuatan.

“Melalui tema komando Armada siap mengawal Samudra Nusantara untuk mendukung Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Peringatan Hari Armada tahun ini merupakan momentum bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut khususnya Armada RI, untuk merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu, momen ini juga kita maknai sebagai wujud rasa syukur atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan Sang Pencipta, sehingga Armada RI dapat senantiasa memenuhi kewajibannya sebagai Garda Terdepan Laut Nusantara,” tuturnya.

Dirgahayu Komando Armada RI ini mempunyai tema “Pengawal Samudera Untuk Indonesia Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. (See Intel Lanal Nias/Red)