LIRA Dukung Kejatisu Usut Dugaan Korupsi PT PSU

Medan, LiniPost – DPW LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sumatera Utara (Sumut), mendukung pihak Kejaksaan Tinggi Sumut (Kejatisu) dalam mengusut kasus dugaan korupsi di PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU).

“LIRA Sumut sangat mendukung dan mengapresiasi Kejatisu dalam mengusut kasus dugaan korupsi senilai puluhan miliar rupiah di PT PSU,” ucap Gubernur LIRA Sumut, H Rizaldi Mavi MBA, Selasa (29/7/2020) di Medan.

ads

Hal itu diungkapkannya menanggapi penegasan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), Dr Amir Yanto SH MH tentang pengusutan atas kasus dugaan korupsi di lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Rizaldi Mavi menegaskan bahwa pihaknya tidak menginginkan jika BUMD terkemuka di tubuh Pemprovsu dihuni dan “digembosi” oleh oknum-oknum pejabat bermental korup.

Rizaldi Mavi meminta pihak Kejatisu untuk mengusut tuntas dan “menyeret” semua oknum-oknum pejabat “bermental” korup ke pengadilan untuk dihukum seberat-beratnya guna memberikan efek jera.

Sebelumnya, Kajatisu, Dr Amir Yanto SH MH, menegaskan bahwa pihaknya tengah mengusut kasus dugaan korupsi ditubuh PT PSU yang merugikan Negara sebesar Rp56 miliar.

Diungkapkannya, selain di PT PSU, pihaknya saat ini juga tengah mengusut kasus dugaan korupsi lainnya di lima BUMD, namun yang terbesar di PT PSU.

“Tapi yang paling besar itu yang kami lakukan penyelidikan terhadap tindak pidana korupsi pada Perusahaan Daerah Perkebunan yang saat ini perhitungan kita, kerugian negara sekitar Rp56 miliar atau mungkin bertambah lagi,” kata Amir Yanto dihadapan wartawan dalam acara menyambut HUT Adhiyaksa ke-60 di kantor Kejatisu Jalan AH Nasution, Medan, Senin (20/7/2020) malam lalu.

Ditegaskannya bahwa usai melakukan pengusutan kasus dugaan korupsi di PT PSU, pihaknya akan melakukan “penyisiran” satu persatu pada BUMD-BUMD lainnya yang diduga merugikan keuangan negara.

“Oleh karena itu, kami mohon dukungan bapak ibu sekalian, agar kami bisa menyelesaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.(Syaifuddin Lbs)