oleh

Mahasiswa yang Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata dari Universitas Nias Raya Dijemput Dosen

Nias Selatan LiniPost. – Mahasiswa – Mahasiswi Universitas Nias Raya (UNIRAYA) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok XIV di Desa Hilialawa Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. di jemput oleh Dosen pembimbing.

Penjemputan Mahasiswa UNIRAYA ini dihadiri oleh Kepala Desa Hilialawa Sokhinihaogo Telaumbanua, Sekdes Mardianus Telaumbanua, seluruh perangkat Desa lainnya, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda. berlangsung di Kantor Kepala Desa Hilialawa, Kamis, (25/8/2022).

ads

Adapun mahasiswa/i Kelompok KKN XIV, yaitu:

1. Yotam Sato Sanehura Fa’ana

2. Masri Hulu

3. Fendriawati Ndruru

4. Klara Febrianti Waruwu

5. Meldasari Hulu

6. Saferius Hanafi Finowa’a

7. Nofaebua Dodo Daeli

8. Yusniarti Maduwu

Ketua Kelompok XIV Yotam Sato Fa’ana didampingi Sekretaris Kelompok Masri Hulu, kepada LiniPost.com Kamis, (25/8/2022) mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Desa Hilialawa, tokoh adat, tokoh masyarakat atas kesepakatan yang diberikan kepada mereka untuk melaksanakan kegiatan KKN. “Dan kami cukup nyaman dan senang selama berada di Desa ini,” ucap Yotam.

Ia juga tak lupa memohon maaf kepada pemerintahan Desa Hilialawa dan seluruh masyarakat, jika ada kesalahan selama ini atau sikap yang kurang baik, sengaja atau tidak disengaja selama mereka berada di desa itu.

“Jikalau ada sikap kami yang kurang baik selama berada di desa, sekali lagi maafkanlah kami, ke depan semoga lebih baik lagi dari yang saat ini,” pintanya.

Kades Sokhinihaogo Telaumbanua dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada Universitas Nias Raya dan Dosen yang menempatkan mahasiswa KKN di Desanya dan pihaknya dari pemerintahan desa selalu mendukung kegiatan tersebut.

Ia juga menyampaikan kepada mahasiswa, jika ada hal-hal yang tidak baik, atau kurang menyenangkan dalam pribadi adek-adek kami atau anak-anak kami mahasiswa selama berada di desa ini, jangan disimpan dalam hati, namun jika ada yang baik yang didapat boleh diceritakan diluar sana.”ujarnya Kades Sambil mengakhiri.

“Kalau ada yang kurang baik yang dialami selama berada di desa, jangan diceritakan kami diluarsana. tapi yang diceritakan yang baik-baik saja,” imbuhnya.

Sementara, Dosen pembimbing lapangan KKN Kelompok XIV Kaminudin Telaumbanua, S.Pd., M.M dalam arahannya menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Kuliah Kerja Nyata (KKN), guna melatih mahasiswa bekerja secara langsung.

“Kegiatan KKN ini untuk melatih mahasiswa belajar kerja nyata, karena jangan hanya belajar secara teori, tetapi harus langsung praktek,” bebernya.

Lebih lanjut Kaminudin menjelaskan bahwa, tujuan dilaksanakannya praktek kerja lapangan ini salah satunya, adalah menggali potensi desa, dan mengetahui kearifan lokal masyarakat di desa itu sendiri, sehingga menjadi bekal mahasiswa ke depan nya.

“Tujuan mahasiswa KKN, yakni ingin tau apa sih potensi yang ada di Desa itu, bagaimana dengan kehidupan masyaraka,” ujarnya. (Suasana H)