Menkumham Yasonna Resmikan Kantor Baru untuk Kenyamanan Pelayanan Publik bagi Masyarakat Sulsel

HEADLINE, Nasional85 Dilihat

Makassar, LiniPost – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly, meresmikan kantor baru Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan. Ia mengatakan kantor baru ini merupakan upaya Kemenkumham meningkatkan kenyamanan masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan publik.

Yasonna menjelaskan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin meningkat. Pelayanan tidak hanya dinilai dari prosedurnya saja, tetapi saat ini masyarakat juga membutuhkan kenyamanan.

Baca Juga: Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik, Korban Buat Laporan di Poldasu

“Penyelenggaraan pelayanan publik tidak hanya dinilai dari aspek ketepatan waktu dan kepastian prosedur, tetapi lebih jauh lagi masyarakat mulai menuntut rasa aman, kenyamanan dalam memperoleh pelayanan publik,” ujar Yasonna pada acara peresmian kantor baru, Jumat (14/06/2024).

Yasonna Laoly menekankan bahwa, salah satu aspek penunjang dalam kenyamanan pelayanan publik adalah disediakannya fasilitas-fasilitas khusus bagi masyarakat rentan. Selanjutnya, unit pelayanan publik juga perlu dilengkapi saranan lainnya yang menunjang kenyamanan dan keamanan.

Baca Juga: Kemenkumham Jabar Bahas Konsultasi Mekanisme Harmonisasi Raperda Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Meskipun fasilitas pelayanan penting, namun bagi Yasonna aspek sikap pegawai tidak boleh dilupakan. Ia berharap fasilitas pelayanan yang baik dapat mendorong pegawai untuk memberikan pelayanan dengan cepat, ramah, dan responsif terhadap masyarakat.

“Seluruh pegawai menyelenggarakan pelayanan yang cepat dan pasti, serta didukung dengan keramahan, empati, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan,” katanya.

Ia juga mengajak jajaran Kemenkumham agar terus mengembangkan ide-ide kreatif dan inovasi untuk menciptakan pelayanan yang prima.

Baca Juga: Mensos Risma Berdayakan Masyarakat Melalui Ternak Ayam Petelur

“Saya berharap ke depan seluruh jajaran mampu menunjukkan kinerja terbaiknya, memberikan manfaat besar, dan siap menghadapi tantangan sehingga mampu meningkatkan kinerja organsiasi,” tutup Yasonna.