Mensos Risma Berdayakan Masyarakat Melalui Ternak Ayam Petelur

HEADLINE, Nasional109 Dilihat

Barito Kuala, LiniPost – Menteri Sosial  (Mensos) Tri Rismaharini memberikan bantuan ternak ayam petelur kepada 15 orang yang tergabung ke dalam Kelompok Maju Bersama di Desa Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala.

Dalam siaran pers Kemensos RI, Kamis (13/6/2024) menyebut, bantuan tersebut merupakan upaya Mensos Risma memberdayakan dan menyejahterakan komunitas masyarakat setempat. Komunitas tersebut terdiri dari 15 orang dan 2 di antaranya merupakan pengidap kusta. Para penerima bantuan juga akan mendapatkan pelatihan cara mengelola ternak ayam petelur. “Untuk ayam, ada nanti yang mengajari perawatannya dari PPLH,” jelas Mensos Risma, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Deputi Sorni Daeli Buka Rakor Penyusunan Arah Kebijakan Pelaksanaan UU Desa Tahun 2025-2045 Regional Sulawesi

Bantuan pemberdayaan komunitas yang diberikan meliputi ayam petelur 320 ekor, kandang ayam 54 set, pakan ayam 11 sak, serta vaksin untuk 320 ekor ayam. Seluruh bantuan tersebut dikelola bersama oleh warga menjadi usaha kelompok.

Di sela-sela kegiatan, Mensos Risma menyempatkan diri berdialog bersama warga yang hadir untuk menjaring aspirasi. Ia mengatakan, selain ternak ayam petelur, ada pula program permakanan. “Nanti lansia yang hidup sendiri, bisa dimasakin oleh pokmas untuk dapat permakanan tiap hari,” kata Mensos RI seraya menjelaskan, program Kemensos tidak hanya pemberdayaan komunitas saja.

Baca Juga: Mensos Risma Bakti Sosial di Kabupaten Barito Kuala

Bantuan pemberdayaan komunitas ini diharapkan mampu berdampak pada peningkatan pendapatan para warga serta dapat menjadi stimulus munculnya berbagai usaha lain yang ada di sana.

“Rasanya seperti mimpi, Ibu Mensos datang ke desa kami. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan ayam petelur ini, mudah-mudahan bermanfaat dan berkelanjutan ke anak cucu kita,” ucap Edi Sungkowo, Kepala Desa Kolam Kanan.