Mensos Risma Gerak Cepat Tangani Lansia Sebatang Kara di Kabupaten Tangerang

Daerah, HEADLINE93 Dilihat

Tangerang, LiniPost — Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi rumah lansia bernama Madawi (67) yang kisahnya viral di media, hidup sendiri di gubuk sederhana di Kampung Gandu, Desa Sindang Jaya, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang. Tak menunggu lama, Mensos Risma langsung mendatangkan ambulans untuk membawa Madawi ke rumah sakit.

Bukan tanpa alasan, Mensos Risma bergerak cepat membawa Madawi berobat karena sudah 6 bulan lansia ini dalam kondisi sakit. “Kita ke rumah sakit ya,” kata Mensos Risma kepada Madawi.

Baca Juga: Menko Polhukam: Pemerintah Upayakan Fasilitasi dan Pengembangan Potensi Diaspora Indonesia

Tim Kemensos membawa Madawi ke RSUD Kabupaten Tangerang. Selain itu, Kemensos juga melakukan asesmen kebutuhan Madawi untuk dukungan pengobatan dan pemulihan kondisinya. Pasca pemeriksaan di RSUD dan diizinkan menjalani rawat jalan, Tim Kemensos membawa Madawi ke Sentra Mulyajaya Jakarta milik Kemensos untuk mendapatkan layanan residensial.

Mensos mendapatkan informasi dari media online dan media sosial tentang Madawi yang hidup sebatang kara di gubuk tak layak huni. Selain itu, 6 bulan terakhir Madawi sakit sehingga kebutuhan makan sehari-hari dibantu tetangganya Mintarsih (50). “Sehari-hari Pak Madawi sendiri. Karena itu saya ke rumahnya nengokin. Ngasih air, ngasih makan, kadang saya nyuciin bajunya. Gak tega saya, jadi saya bantu,” katanya.

Mintarsih mengatakan bahwa, kondisi rumah Madawi sangat tidak layak. Gubuk yang ditempati Madawi atapnya sudah bocor, dindingnya bolong-bolong dan sering dimasuki binatang buas seperti ular. Sebelum jatuh sakit, Madawi bekerja sebagai petani, kadang bertani singkong, jagung atau kacang. Penghasilan sehari-hari Madawi dari menjual hasil taninya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Mensos Gencarkan Pengentasan Kemiskinan melalui Operasi Katarak Gratis

Mintarsih sempat terkejut dengan kedatangan Mensos Risma. “Saya kaget, tapi senang sekali Bu Menteri mau turun ke kampung saya nengok Pak Madawi. Apalagi langsung dibawa Bu Menteri ke rumah sakit, mau diobatin,” katanya.

Mintarsih pun sempat diajak dialog oleh Mensos Risma. Mintarsih menyebutkan Mensos Risma menanyakan pekerjaan para ibu-ibu di sekitar. Orang nomor satu di jajaran Kemensos itu menurunkan tim untuk melakukan asesmen kebutuhan untuk mendukung usaha 15 Kepala Keluarga (KK) di sekitar kediaman Madawi.

Baca Juga: Kemenkumham Jabar Bersama BRIN Bahas Implementasi AI pada Proses Pembentukan Peraturan Perundang-undangan

Tidak sampai disitu, Mensos Risma juga sempat berdialog dengan beberapa pemuda di sekitar kediaman Madawi. “Kami diminta Bu Menteri untuk mengasesmen dan verifikasi apa jenis usaha ibu-ibu dan pemuda di sini agar dibantu untuk kelangsungan hidup ke depan,” kata Aziz Gunawan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang.