oleh

Ngopi Bareng Pertahanan bersama Analis Pertahanan Negara Kemhan

Jakarta, LiniPost – Dalam meningkatkan pengabdian yang penuh dedikasi dan kesetiaan kepada bangsa dan negara melalui karya dan pekerjaan dimana di tempatkan, maka pejabat Fungsional Analis Pertahanan negara (APN) Kemhan akan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan melalui berbagai pertemuan formal maupun non formal dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD), Webinar, Seminar dan sebagainya.

Demikian pengantar dari Ketua PAPN Drs. Koesnadi M.Sc dalam acara Ngopi Bareng di Cafetaria Strahan Kemhan, Selasa, 13 September 2022.

ads

Menurut dia, sebagai pejabat fungsional yang strategis, mempunyai tugas pokok untuk menganalisa berbagai issue terkait pertahanan, maka setiap saat para pejabat Fungsional APN dituntut untuk  meningkatkan pengetahuan dan ketajaman analisanya sehingga setiap pemikiran yang dihasilkan dapat memberikan masukan dan saran kepada pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Di samping itu, pejabat Fungsional APN dituntut juga untuk terus berkarya melalui karya tulis ilmiah (KTI) yang dapat memberikan pencerahan, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait program dan kegiatan Kementerian Pertahanan.

Untuk menindak lanjuti hasil ngopi bareng tersebut, maka PAPN akan mengadakan berbagai kegiatan salah satunya adalah Ngopi bareng pertahanan (Ngobarhan), yang akan diadakan 1 bulan sekali dengan berbagai narasumber baik dari anggota APN maupun dari luar seperti para pejabat birokrasi, pengamat maupun pemerhati pertahanan.

Ngobarhan tidak hanya sebagai ajang silahturahmi saja namun juga tempat untuk pembinaan, pemberdayaan dan peningkatan pengetahuan terkait issue pertahanan.

“Kegiatan ini nantinya akan dikemas dengan suasana santai penuh keakaraban sambil menikmati kopi dan makanan yang tersedia di Cafetaria Strahan, yang dapat diikuti oleh pejabat Fungsional APN maupun lainnya,” ujar Koesnadi.

Ngopi bareng APN Kemhan ini dimotori oleh APN Ditjen Strahan yang bekerja sama dengan Cafetaria Strahan Kemhan, bersamaan dengan launching Kedai Kopi “Cangkir Merah” Kopi Aceh Arabica Gayo yang menyediakan berbagai “Kopi asli Gayo Aceh dan minuman Juss” dengan harga terjangkau dan murah dengan ciri khas penuh kenikmatan  dan kesegaran tersendiri. Kopi Gayo Aceh ini dapat dipesan melalui 08560433998. www.endatu.co.id.

Di lain sisi, minum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Banyak hal yang didiskusikan sambil ngopi baik itu kalangan masyarakat biasa, pengusaha, hingga pejabat negara. Namun memilih kopi yang baik tentu saja menjadi pilihan agar kenikmatan dan cita rasanya benar-benar didapat.

Salah satu kopi terbaik di Indonesia yang telah diakui dunia adalah kopi Aceh Arabika Gayo. Kopi Arabika Gayo telah lama diakui secara resmi oleh Uni Eropa, sehingga menjadikannya begitu diincar oleh penikmat kopi di Tanah Air. Soal rasa, kopi yang tumbuh di Dataran Tinggi Gayo, Provinsi Aceh in, tidak perlu diragukan lagi.

Selain di Aceh, kopi Arabika Gayo kini sudah dapat ditemukan dengan mudah di berbagai kota di Indonesia. Di Ibukota Jakarta, misalnya, ada banyak Cafe atau Warung Kopi (Warkop) yang menyediakan kopi Arabika Gayo.

Bahkan baru-baru ini Kopi Aceh Arabika Gayo hadir Gedung Kementerian Pertahan (Kemhan) RI yang beralamat di Jalan Medan Merdeka Barat No. 13-14 Jakarta Pusat. Kopi Aceh Arabika Gayo di Kemhan hadir dengan nama brand-nya ‘Cangkir Merah’. Soft launching Cangkir Merah sendiri dilakukan pada Selasa (13/9/2022) pagi yang turut dihadiri sejumlah pejabat Kemhan.

Jadi pegawai Kemhan RI kini bisa mendiskusikan banyak hal ketika rehat sambil menikmati Kopi Aceh Arabika Gayo. Masyarakat umum juga dapat menikmati kopi Aceh di Cangkir Merah ini, namun tentu saja saat masuk harus mengikuti protokol Kemhan RI.

Owner Cangkir Merah, Muhibud Thibri mengatakan, kedai Kopi Aceh di Kemhan ini sejatinya sudah melayani pesanan sajak dua Minggu yang lalu namun baru hari dilaunching secara resmi. Pemuda asal Aceh ini menambahkan, selain menyediakan Kopi Arabika Gayo, Kedai Kopi Cangkir Merah juga ikut menyediakan makanan khas Aceh lainnya.

“Kedai Kopi Cangkir Merah menyediakan kuliner khas Aceh, terutama Kopi Arabika Gayo yang di racik khusus oleh barista Bushido. Saat ini memang belum lengkap kuliner khas Aceh yang tersedia, namun kedepan kita akan berusaha menghadirkan banyak varian kuliner Aceh. Jadi, selain menjual kopi Arabika Gayo, kita juga akan berupaya mempromosikan kuliner Aceh dengan menghadirkan ragam menu khas Aceh lainnya,” ujar Muhibud Thibri di Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Dia menjelaskan, penamaan ‘Cangkir Merah’ memiliki filosofi tersendiri, dimana yang lazim diketahui bahwa Cangkir merupakan wadah kecil yang biasa dipakai untuk minum kopi, teh, dan sejenisnya. Sementara Merah adalah sebuah warna yang menjadi simbol keberanian, kekuatan dan energi, juga gairah untuk melakukan tindakan (action), serta melambangkan kegembiraan.

“Singkat kata, Cangkir Merah adalah Kopi-nya Pemberani,” ujarnya, merujuk lokasi kedai kopi yang berada di komplek Kementerian Pertahanan RI.

“Karena lokasinya berada di Komplek Kantor Kemhan RI, jadi kita melayani pesanan dari Senin – Jumat, pukul 07.00 – 18.00 WIB. Selain pesanan offline, kita juga melayani pesanan online yang dapat dipesan melalui Gojek, Grab, serta Shopee Food,” demikian ungkap Owner Cangkir Merah, Muhibud Thibri, yang juga CEO Endatu. (Sitho/Red)