Ops Keselatamatan Toba 2021 Akan Berjalan Selama 14 Hari Kedepan

Daerah, TNI/POLRI257 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas pada bulan ramadhan ini, Polres Nias Selatan menggelar apel pasukan operasi (Ops) keselamatan toba 2021 yang berlangsung di lapangan Mako Polres Nias Selatan, Senin (12/04/2021).

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Simanjuntak, dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat, menyampaikan bahwa pelaksanaan operasi keselamtan toba 2021 adalah merupakan operasi mandiri kewilayahan.

“Operasi keselamatan toba 2021 merupakan operasi kepolisian mandiri kewilayahan yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai Senin 12 April 2021 sampai dengan Minggu 25 April 2021”, Kata Kapolda dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Nias Selatan, Arke Furman Ambat.

Fokus pada operasi ini adalah masyarakat pengguna jalan atau kendaraan pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan belalu lintas masyrakata yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Pelaksanaan operasi ini akan melibatkan 2.299 personil yang terdiri dari 150 satuan tugas Polda serta 2.149 satuan tusa kewilayahan.

Selain itu dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas juga dihadapkan dengan penerapan protocol kesehatan dimasa pandemic covid-19 di Indonesia.

Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat, kepada sejumlah wartawan usai gelar pasukan ops kesehatan toba 2021 mengatakan bahwa pihaknya telah membagikan tugas personil terutama didaerah-daerah vital seperti pelabuhan dan perbatasan wilayah dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Kita telah menempatkan beberapa personil dibeberapa pos-pos seperti di pintu masuk pelabuhan, udara dan wilayah perbatasan yang tentunya akan memberikan himbauan kepada masyarakata yang beru memasuki wilayah Kabuapten Nias Selatan untuk tetap menjaga protocol kesehatan”, kata Furman.

Dalam kesempatan itu, dia, mengsyukuri bahwa daerah Kabupaten Nias Selatan masih dalam status Zona hijau covid-19.

Dia pun menghimbau masyarakat untuk bisa bersama-sama menjaga ketertiban berlalu lintas sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di Kabuapten Nias Selatan.

Turut hadir dalam Ops keselamatan toba 2021 itu, diantaranya Sekda Nias Selatan, Ikhtiar Duha, Palaksa lanal Nias, Mayor Marinir Ahmad Fauzi, Danramil Telukdalam, Mayor Inf Hatianus Zega,  PJU Polres Nias Selatan, Pleton TNI, Pleton, Polri, Pleton Dinas Perhubungan da Pleton Satuan Pamong Praja. (Red)