Palaksa Lanal Nias Pimpin Latihan Lintas Medan Prajurit

HEADLINE, TNI/POLRI311 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Untuk membina dan membentuk fisik prajurit yang kuat dan siap setiap saat, Pangkalan TNI AL (Lanal) Nias melaksanakan Latihan Militer Lintas Medan, yang dilaksanakan di Sepanjang Jalan Memutari Kabupaten Nias Selatan dan berakhir di Pelabuhan Lama Teluk Dalam, Kamis (9/12/2021).

Latihan Lintas Medan tesebut dipimpin oleh Palaksa Lanal Nias Mayor Marinir Ahmad Fauzi dan diikuti oleh Pasintel Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismail Hamid, Pasops Lanal Nias Mayor Laut (P) Yudiono, Pgs. Paspotmar Lanal Nias Lettu Laut (P) Amir Husin Lubis, para Perwira Staf Mako Lanal Nias dan seluruh prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Nias.

Komandan Lanal (Danlanal) Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo menegaskan, Latihan Militer Lintas Medan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Lanal Nias.

“Kegiatan tersebut selain untuk melatih prajurit TNI AL Nias, juga untuk merefresh serta meningkatkan kemampuan perorangan dan ketangkasan sebagai prajurit TNI AL, karena sebagai prajurit TNI diwajibkan untuk memiliki kondisi fisik yang prima guna meningkatkan kemampuan jasmani,” ujar Danlanal.

Ia menjelaskan, tujuan latihan tersebut, dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut yang harus selalu siap melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Karena kesiapan tempur ini sangat penting dijaga, agar Lanal Nias dapat menjalankan tugas pokoknya dengan dedikasi yang tinggi dalam rangka menjaga Kedaulatan NKRI,” pungkas Hendro.

Sebelum pelaksanaan latihan tersebut, terlebih dahulu dilaksanakan pemanasan di Mako Lanal Nias, dan dilakukan pengecekan tensi dan kondisi kesehatan lainnya oleh Tim Kesehatan Balai Pengobatan Lanal Nias. (Sintel Lanal Nias/Red)