Pandemi Covid-19 Berdampak di Sektor Pariwisata Nias Utara 

Ekonomi, HEADLINE9 Dilihat

Nias Utara , LiniPost – Sejumlah objek wisata yang ada di Kabuparen Nias Utara khususnya objek Wisata Bahari, sedikit mengalami penurunan pengunjung.

Hal ini disebabkan karena wabah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berhenti, bahkan sudah mulai ada kasus positif di Kabupaten kabupaten itu.

ads

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Nias Utara, Bazisokhi Hulu, saat dikonfirmasi LiniPost.com di Ruang Kerjanya, Selasa (25/8/2020) mengatakan, wisatawan di beberapa lokasi wisata yang ada di Kabupaten itu sedikit mengalami penurunan.

“Pandemi Covid-19 ini terlebih dengan adanya yang terkonfirmasi positif Covid-19, berdampak pada sektor pariwisata Nias Utara. Dimana, pengunjung di tempat objek wisata sedikit mengalami penurunan. Penurunan yang sangat terlihat yakni wisatawan domestik. Kalau wisatawan lokal hanya sedikit saja mengalami penurunan pengunjung,” ungkap Bazisokhi.

Menurutnya, akibat penurunan pengunjung di beberapa lokasi wisata khususnya untuk wisata bahari, berdampak pada perekonomian masyarakat, dimana sebelum pandemi ini ada, masyarakat yang jualan baik itu makanan dan minuman di sekitar lokasi Wisata pendapatan mereka sudah mulai mengalami peningkatan”, beber Kadis.

Ia menjelaskan, meskipun sedang masa pandemi Covid-19, wisatawan lokal masih banyak yang datang di lokasi Wisata yang ada di daerah itu. Pihaknya mengapresiasi hal tersebut terlebih para pengunjung selalu mematuhi Protokol Kesehatan.

“Sebagai bentuk pencegahan Covid-19 di sektor pariwisata, kita juga telah menghimbau para pengelola warung/ rumah makan di lokasi wisata untuk menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjung, serta terus menghimbau pengunjung agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Baru-baru ini, sudah kita cek di beberapa lokasi wisata, benar pemilik warung/ rumah makan sudah menyediakan tempat cuci tangan seperti yang kita harapkan,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Kadis, kebersihan lingkungan di beberapa lokasi wisata juga, tetap dilakukan oleh petugas kebersihan (Tenaga Harian Lepas), dimana honor mereka ditanggung Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Utara.

“Kita berharap kepada pengunjung dan pengelola warung di lokasi wisata tetap mematuhi Protokol Kesehatan, dengan begitu dapat meminimalisir penyebaran Corana. Kita juga berharap Covid-19 ini cepat berhenti sehingga perekonomian masyarakat segera pulih,” harapnya. (Man Lahagu)