oleh

Paslon HD-Firman Menang di Kecamatan Somambawa, Ini Selisihnya

Nias Selatan, LiniPost – PPK Kecamatan Somambawa menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan (Nisel) tahun 2020.

Rapat pleno dilaksanakan di Gereja GBI Desa Silimaewali, Sabtu (12/12/2020).

Ketua PPK Kecamatan Somambawa, Darwin Laia kepada LiniPost.com, usai rapat pleno, Sabtu, (12/12/2020) mengungkapkan bahwa pelaksanaan rapat pleno berlangsung dengan baik tanpa ada halangan atau hambatan hingga selesai.

“Rapat pleno hari ini puji Tuhan berjalan dengan baik tanpa ada hambatan dan halangan hingga selesai,” tuturnya.

Ia menjelaskan, wilayah Kecamatan Somambawa memiliki 14 Desa dengan 27 jumlah TPS dan 6.066 orang jumlah DPT.

“Jumlah surat suara yang diterima, sebanyak 6.066 ditambah 2 persen surat suara tambahan. Sedangkan, jumlah surat suara yang tidak digunakan sebanyak 1.891 dan surat suara yang digunakan sebanyak 4.434,” pungkasnya.

Ia menambahkan, perolehan masing-masing Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan, yaitu untuk nomor urut 1, HD-Firman sebanyak 2.513 dan urut 2, Ideal – Sanolo sebanyak 1.835, suara batal sebanyak 86 lembar,” sebutnya.

Hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara itu, lanjut dia, akan disampaikan kepada masing-masing saksi Paslon.

Pihaknya juga saat pleno selalu transparan atau terbuka supaya tidak menimbulkan masalah. “Hasil rapat pleno akan diusahakan untuk diantar pada malam ini ke KPU Nisel. Mobil penjemput logistik sedang dalam perjalanan,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panwaslu Kecamatan Somambawa, Panusman Zebua saat dikonfirmasi, menyebut, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan Somambawa telah berjalan sesuai mekanisme.

Pihaknya juga telah menyampaikan beberapa saran sekaligus memberikan rekomendasi di salah satu TPS untuk memberikan perbaikan data, dan hal itu sudah dilaksanakan.

Menurut dia, sebagai pihak pengawas, proses pelaksanaan rapat pleno berjalan dengan kondusif dan semua rekapan dari KPPS sampai ke PPK, sama dengan data yang telah dikumpulkan dari lapangan oleh pihaknya.

“Data TPS sampai ke PPK sama sesuai data Panwas yang diperoleh dari lapangan tanpa ada perubahan,” ujarnya.

Ia menerangkan, semua anggota Panwaslu Kecamatan Somambawa juga telah ikut menghadiri rapat pleno dibantu oleh  2 orang staf sekretariat Panwas. (Risgow)

News Feed