Pelari Noveldi Raih Emas Buka Keran Medali Atletik di AUG 2024

HEADLINE, Olahraga42 Dilihat

Surabaya, LiniPost – Noveldi Petingko membuka keran perolehan medali dari cabang olahraga (cabor) atletik Kontingen Indonesia di 21st ASEAN University Games 2024. Turun di nomor 10.000m putra, Noveldi memberikan medali emas ke-72 untuk Merah Putih.

Turun di lintasan lapangan atletik Universitas Negeri Surabaya, Selasa (2/7/2024), Noveldi tampil tercepat dengan catatan waktu 31 menit 1,28 detik. Ia unggul jauh dari pelari Filipina Mark Mahinay yang membukukan 31 menit 51,56 detik dan Chun Khai J Lim (Singapura) dengan catatan waktu 31 menit 56,91 detik.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Babel Serahkan 3 Sertifikat Paten

Noveldi bersyukur bisa memberikan penampilan terbaik bagi Indonesia di AUG 2024. Ia mengatakan raihan ini kian melecut motivasinya untuk tampil optimal di nomor 5.000 putra selanjutnya.

“Seneng banget bisa mendapat emas di AUG 2014 ini. Apalagi ini juga menjadi personal best aku karena sebelumnya 31 menit 1,6 detik,” kata Noveldi usai menerima medali emas yang diberikan langsung oleh Ketua Kontingen Indonesia Del Asri.

Ia merasakan mendapat feeling yang bagus pada hari pertama perlombaan atletik AUG 2024 ini. Mahasiswa Fakultas Penjaskes Universitas Wahid Hasyim ini bahkan lari terdepan dan meninggalkan peleton.

Baca Juga: Mensos Apresiasi Kemajuan Usaha Peserta PENA

Selain raihan emas Noveldi, atletik lain juga mengamankan medali perak dan perunggu di nomor lempar cakram putri. Adalah Wahyu Nur Aini yang berada di posisi dua dengan lemparan sejauh 43,14m, disusul oleh Maria Aviliationo dengan 42,47m. Emas didapatkan Kung Queenin Ting (Malaysia) dengan 45,23m.

Hari ini, atletik masih berpotensi mendapat tambahan medali emas dari nomor 100m putra karena Lalu Muhammad Zohri dan Jaelani Fatah Sidik akan turun di final.

Baca Juga: Plt. Deputi Budiono Paparkan Tiga Isu Kesehatan Terkini di Deputy Meet the Press

Ada juga beberapa nomor lain yang akan berlomba hari inil, yaitu lompat galah putri, lempar cakram putra, lompat jauh putra, 400m lari gawang putra dan putri, dan 5.000m putri.