Pemberian Obat Cacing kepada Murid SD Hilisodrekha Didampingi Babinsa

TNI/POLRI421 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Babinsa Koramil 12/Telukdalam bersama Kapuskesmas Telukdalam mendampingi kegiatan pemberian obat cacing kepada murid SDN Hilisondrekha, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Jumat (11/2/2022).

Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf Hatianus Zega kepada LiniPost.com menuturkan, dalam meningkatkan kesehatan warga binaan di wilayah Koramil 12/Telukdalam, perlu diperhatikan kesehatan para anak murid sekolah di tingkat sekolah dasar.

ads

“Hari ini Babinsa kita ikut mendamping tenaga kesehatan dari Puskesmas Telukdalam yang sedang membagikan obat cacing tablet kunyah (Albendazole 400mg),” ujarnya.

Ia menyebut, program terus harus didukung, karena bermanfaat bagi anak sangat baik guna menghindari dari cacingan. “Anak yang cacingan akan mempengaruhi kesehatan, seperti Anak akan kurus, kulit manjadi kuning, perut buncit, pertumbuhan anak akan terganggu dan bila tidak ditangani dengan serius bisa mengakibatkan kematian,” pungkasnya.

Ia juga mengingatkan anak-anak sekolah untuk memperhatikan kebersihan tangan.

“Untuk itu kami mengimbau kepada para guru dan orang tua murid, mari kita sama-sama memperhatikan kesehatan anak kita sehingga mereka tidak cacingan,” paparnya.

Kapus Telukdalam, Kartini Dachi, SKM mengatakan,  program pemberian obat cacing untuk anak sekolah tingkat sekolah dasar sudah berjalan dan sudah dilaksanakan di beberapa sekolah yang ada di wilayah Puskesmas Telukdalam.

“Kami ucapkan juga terima kasih kepada Pak Babinsa yang sudah mendampingi kami dalam kegiatan pemberian obat cacing ini,” katanya.

Menurutnya, pemberian obat cacing ini kepada anak sekolah merupakan suatu cara untuk menjaga kesehatan para anak anak di bawah umur demi kelangsungan penerus bangsa Indonesia. (Red)