Pemdes Hilindraso Salurkan Bibit Pinang Betara kepada Masyarakat

Daerah, HEADLINE114 views

Nias Selatan, LiniPost – Pemerintah Desa Hilindraso, Kecamatan Amandraya, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), menyalurkan Bibit Pinang Betara ke penerima manfaat yang bersumber dari Dana Desa (DD), Tahun Anggaran 2022, berlangsung di Balai Desa Hilindraso, Minggu (12/6/2022).

Hadir saat itu, Kades Hilindraso Asrida Laia, Ketua BPD Hilindraso Zodi Halawa, PLD Anugerah Hura, Perangkat Desa, Anggota BPD.

ads

Kades Hilindraso, menyampaikan, sesuai dengan pengarahan pimpinan pusat dan daerah, dimana bantuan bibit tersebut merupakan salah satu prioritas utama dalam peningkatan ketahanan pangan di desa, dan juga menambah rasa optimis terhadap memajukan ekonomi masyarakat petani ke depan.

“Jumlah bibit pinang betara mencapai 7.500 batang yang disalurkan kepada 60 Kepala Keluarga, dengan besaran anggaran kurang lebih 60.000.000 juta rupiah,” paparnya.

Pinang jenis betara ini, sambungnya, merupakan potensi tanaman yang dapat dikembangkan menjadi komoditas unggulan di desa. “Semoga ke depan pertumbuhan pinang selalu sehat dan subur,” imbuhnya.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat agar tidak menyia-nyiakan kesempatan baik ini untuk menanam pohon pinang demi masa depan keluarga. “Dan marilah selalu bekerjasama untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi di desa yang kita cintai ini,” tutupnya.

Pendamping Lokal Desa Anugerah Hura, menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama pemerintah desa dengan BPD Hilindraso serta unsur tokoh masyarakat, karena telah menyalurkan bibit pinang kepada masyarakat.

“Pinang betara ini memang produktifitasnya memerlukan waktu pajang, tetapi dengan tanah kita yang subur dan kalau selalu kita lakukan  perawatan, maka yakin dan pasti bahwa ke depan hasilnya akan memuaskan,” ujarnya.

Ketua BPD Zodi Halawa, menyebut, pihaknya sangat menyambut baik atas kinerja pemerintah desa atas pelaksanaan penyaluran bibit pinang betara itu. Pasalnya, program tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di bidang pertanian.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar dalam menanam pohon pinang ini disesuaikan dengan petunjuk dari dinas pertanian, yakni jarak tanam 2,5 M x 2,5 dengan ukuran kedalaman, 30 Cm ke bawah.

Penyerahan bantuan tersebut ke penerima manfaat dilakukan secara simbolis oleh Kades, BPD dan PLD Hilindraso. (April Ndr)