Pemkab Nias Selatan Bentuk Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19

Daerah, Kesehatan157 views

Nias Selatan, LiniPost – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan (Nisel) bentuk tim gugus tugas penanganan wabah virus Corona atau Corona virus disiease (Covid-19) yang berlangsung di aula kantor Bupati, Selasa (24/03/2020).

Pada pembentukan tim gugus tugas ini turut dihadiri, Danlanal Nias, Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Kejari Nias Selatan, Rindang Onasis, Wakapolres Nias Selatan, Kompol Martin Luther Dachi, Sekda Nias Selatan, Ikhtiar Duha, Danramil Telukdalam dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Nias Selatan.

ads

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, dalam arahanya mengatakan pembentukan tim gugus ini adalah merupakan langkah keseriusan pemerintah dalam mencegah merebahnya wabah virus Corona di wilayah Nias Selatan.

“Kita berharap nantinya tim ini dapat mempersiapkan kamar tempat isolasi pasien yang telah terjangkit virus Corona ini,” ujar Hilarius Duha.

Lebih lanjut, Hilarius Duha mengungkapkan virus Corona tidak mengenal pangkat dan jabatan, siapapun bisa dia serang tanpa pandang bulu.

“Virus benar-benar membahayakan, dia tidak mengenal pangkat dan jabatan, semua bisa diserangnya tanpa pandang bulu. Maka kita semua harus benar-benar memutus rantainya dengan membiasakan diri kita hidup bersih. Hindari dulu salam-salaman, gak apa-apa kalau anda disebut sombong karena gak bisa salaman,” ungkap Hilarius Duha.

Gedung-gedung pemerintahan seperti puskesmas, rumah dinas kacabdis dan lainnya di setiap kecamatan untuk dapat dipergunakan dalam mengisolasi warga yang terindikasi wabah Corona ini.

“Silahkan gunakan gedung-gedung pemerintahan yang ada di kecamatan, seperti rumah dinas dokter, rumah dinas PPL, rumah dinas kacabdis dan lainnya untuk dipergunakan,” kata Hilarius Duha.

Dia juga meminta kepada tim gugus tugas untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam penganan dan pencegahan mewabahnya virus Corona tersebut.

Tim gugus tugas yang dibentuk oleh Pemkab Nias selatan ini diketuai oleh Sekda Nias Selatan, Ikhtiar Duha, Sekretaris, Idealis Dakhi (Kalaksa BPBD), dan seluruh OPD ikut terlibat dalam tim gugus tugas ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Hilarius Duha, mengajak masyarakat untuk bisa berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menghindari keramaian, selalu mencuci tangan dan menjemur diri di sinar matahari pagi. (Red)