Pemkab Nisel Akan Bantu 50 Pelaku Usaha Terdampak Corona

Ekonomi6 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan ( Nisel) melalui Tim Gugus akan membantu para pelaku usaha  yang terdampak Covid-19 melalui program BLT.

Hal ini disampaikan oleh Kadis  Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DTKKUKM) melalui Sekretaris Dinas Netral Sarumaha, SE didampingi Kabid Pengembangan Pemberdayaan Koperasi dan UKM saat ditemui LiniPost di Ruang Kerjanya, Jalan Arah Sorake Km. 7 Teluk Dalam, Senin (6/7/2020)

ads

“Saat ini ada rencana Pemda Nisel melalui Tim Gugus untuk membantu pelaku usaha  terdampak Covid-19”, ujar Netral.

Program tersebut, kata dia, sebagai salah satu bentuk kepedulian Pemkab Nisel kepada pelaku usaha khsusunya Usaha Dagang (UD) dalam memulihkan ekonomi mereka akibat pandemi Covid-19.

“Saat ini, kami telah selesai memverifikasi data  Usaha Dagang tersebut, dengan jumlah 50 UD. Tinggal mengajukan kepada Pemda,” sebutnya.

Menurut dia, ada lebih 100 UD yang telah menyampaikan permohonannya di DTKKUKM, namun untuk tahap pertama ini baru 50 UD yang tercover dan yang lebihnya untuk tahap berikutnya.

Ia menyebutkan, bila permohonan para pelaku UD lain tidak tercover pada bantuan dari Pemda nantinya, maka akan disampaikan ke provinsi, bahkan ke Pusat, apalagi anggaran dari pusat lebih besar lagi dari anggaran Kabupaten.

“Kemaren, salah seorang Wakil Ketua DPR RI siap mendampingi kita di Kementerian yang membidangi ini. Harapan kita supaya para pelaku usaha di Kabupaten Nias Selatan ini bisa terberdayakan semua, sebab, pandemi Covid-19 ini sangat berdampak kepada para pelaku usaha, seperti usaha penginapan, restoran, travel, industri home, tukang keyboard, termasuk pelaku usaha papan bunga,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, besaran dana BLT yang akan diberikan kepada UD tersebut berkisar Rp. 5 hingga Rp. 10 Juta dan dicairkan melalui rekening masing-masing UD itu nantinya. “Diusahakan semaksimal mungkin bulan Juli 2020 ini bisa turun,” imbuhnya.

Ia juga berharap agar BLT itu nantinya bisa dimanfaatkan oleh UD untuk membuka usahanya dan membuahkan hasil yang memuaskan. (Riswan Gowasa)