Pemkab Nisut Gelar Pelatihan Standar Akutansi dan Pelaporan Keuangan Koperasi

HEADLINE, Nasional1198 Dilihat

Nias Utara, LiniPost – Pemerintah Kabupaten Nias Utara (Pemkab Nisut) gelar Pelatihan Standar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan bagi pengurus dan pengawas koperasi TA. 2023 di Wilayah Kabupaten Nisut, bertempat di TC Osseda, Jalan Gowe Zalawa, Desa Fadoro Fulolo, Rabu (10/5/2023).

Kepala Dinas (Kadis) Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah, Agusman Zebua, menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 10  s/d 12 Mei 2023 dengan peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari para pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Nias Utara.

ads

“Kooperasi yang terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan Koperasi UKM Kabupaten Nisut hingga saat ini ada 65 koperasi, namun yang aktif hanya 24 koperasi, sementara yang telah memiliki sertifikat nomor induk koperasi hanya 23 koperasi. Inilah merupakan tugas dari Dinas Koperasi UKM untuk memberdayakan dan membimbing koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Nisut agar koperasi yang tidak aktif dapat aktif,” tutur Kadis.

Wakil Bupati Nisut, Yusman Zega pada arahannya mengatakan, pelatihan standar akuntansi dan pelaporan keuangan bagi pengurus dan pengawas koperasi sangat bermanfaat untuk diikuti sehingga dapat menjadi refleksi bagi para pengurus koperasi untuk menyusun pelaporan keuangan tujuannya agar ada keseragaman dalam pelaporan keuangan.

“Terlaksananya kegiatan pelatihan ini dapat membantu pengurus dan pengawas koperasi untuk melihat dan memantau sejauh mana perkembangan keuangan sehingga laporan keuangan dapat dibuat setiap tahun dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya.

Wakil Bupati juga membuka kegiatan itu secara resmi. (Man Lahagu)