Pemkab Nisut Launching Expor Perdana Kelapa ke Luar Negeri

HEADLINE, Nasional1123 Dilihat

Gunungsitoli, LiniPost – Pemerintah Kabupaten Nias Utara (Pemkab Nisut) launching expor perdana kelapa, bertempat di Pelabuhan Gunungsitoli, Rabu (8/3/2023).

Acara diawali dengan pemotongan pita oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi oleh Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Ir. Harlina Sulistyorini, M. Si, Bupati dan Wakil Bupati Nisut serta PT.Astra.

Launching expor perdana hasil komoditi Kabupaten Nisut tersebut berupa 100 ribu butir kelapa atau sekitar 74 ton dikirim ke luar negeri (Hainan China).

Bupati Nisut Amizaro Waruwu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud Pemerintah Daerah dalam mengembangkan potensi daerah khususnya bidang perkebunan kelapa dan akan terus berkelanjutan, dimana kelapa di Nisut merupakan penghasilan terbesar di Kepulauan Nias.

“Pemerintah daerah Nisut sangat mendukung mensukseskan expor kelapa sebagai terobosan dalam pelaksanaan program pengembangan ekonomi lokal untuk menembus pasar internasional yang  bekerja sama dengan PT. Astra Internasional, melalui program desa sejahtera guna mengembangkan potensi unggulan desa,” ujar Bupati.

Gubernur Sumut mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara atas dukungannya dalam kegiatan ekspor perdana kelapa hasil bumi Nisut ke Hainan China.

Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Kementerian Desa PDTT Drs, Syafrul M.Si, menjelaskan, ada 2 jenis komoditas yang diekspor ke luar negeri yakni kelapa utuh diekspor ke China dengan tahap awal sebanyak 100 ribu butir dan selanjutnya akan disediakan sebanyak 8 juta butir setiap kali pengiriman dan kopra yang akan diekspor ke Malaysia, India dan Pakistan.

Kelapa dan kopra yang diekspor ke luar negeri ini disediakan oleh beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Nisut. Kelapa dan kopra yang diekspor ke beberapa negara harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga lokal.

“Ekspor kelapa dan kopra ini tidak hanya dari Nisut saja tetapi dari 4 Kabupaten /Kota di Kepulauan Nias karena kebutuhan ke empat negara ini cukup banyak, ini kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha perkebunan kelapa dan kopra,” kata Safrul.

Hadir saat itu, Rombongan dari Kemendes PDTT, Kepala OPD Provsu, Forkopimda, Sekda Nisut, Asisten, Kepala OPD Lingkup Pemkab Nisut, Pihak PT. Astra, pengurus Bumdes dan sejumlah undangan lainnya. (Man Lahagu)