oleh

Petrus Wau: Apdesi sebagai Wadah untuk Bahu-membahu Membangun Desa

Nias Selatan, LiniPost – Sejumlah kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Nias Selatan, menggelar musyawarah bersama, bertempat di Blessing Beach, Jalan Baloho, Hilitobara Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (23/9/2021).

Ketua DPC Apdesi Kabupaten Nias Selatan, Petrus Wau mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan pikiran-pikiran para kepala desa agar tercipta suatu hubungan emosional timbal balik, hubungan sosial dan hubungan kekerabatan yang erat di kalangan para kepala desa.

ads

“Bertepatan jumlah kepala desa saat ini di wilayah Kabupaten Nias Selatan sebanyak 459 desa, yang lokasinya berbeda-beda bahkan ada beberapa desa yang ada di pulau yang tidak bisa dijangkau. Jadi, melalui musyawarah ini, diharapkan agar dalam program masing-masing kepala desa menjadi satu informasi, saling mengisi dan saling bahu-membahu untuk membangun serta mengembangkan desa di wilayah pemerintahan desanya sendiri,” tuturnya.

“Tentunya juga ini tidak terlepas dari pendampingan semua kalangan, baik pihak kepolisian, kejaksaan, pers/LSM bahkan instansi-instansi lainnya,” imbuhnya.

Karena menurutnya, dengan adanya kerja sama yang baik di semua kalangan dalam memberikan sumbangsih pemikiran, arahan dan pendapat-pendapat yang baru, tentunya akan membawa dampak positif bagi setiap desa sehingga secara bertahap akan ada kemajuan dan perkembangan di desa masing-masing.

“Demikian juga dalam penggunaan anggaran, mungkin bisa diminimalisir penyalahgunaan penggunaan dana desa, sehingga diharapkan agar setiap kepala desa segera mungkin membuat MoU untuk pendampingan hukum ke instansi terkait,” pungkas Petrus yang juga sebagai Kades Bawofanayama.

Intinya, kata dia, apa yang menjadi rangkuman dari kegiatan hari ini, walaupun berbeda-beda penyampaian oleh setiap kepala desa, hanya satu tujuan, yakni menyatukan seluruh kepala desa untuk mencapai kinerja yang baik dalam membangun serta dalam menjalankan roda-roda pemerintahan di desa.

“Sisi lainnya juga, apabila ada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya ataupun keluhan di desanya, melalui wadah Apdesi, saya selaku Ketua Apdesi akan siap menerimanya karena masyarakat juga bagian dari pemerintahan desa,” tutupnya. (Aris Zalukhu)