PLN ULP Teluk Dalam Dinilai Lamban Respon Keluhan Pelanggan di Nias Selatan

HEADLINE, Nasional1392 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Sejumlah pelanggan PT PLN di Kabupaten Nias Selatan  (Nisel) merasa kecewa atas kinerja PT. PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias, khususnya ULP Teluk Dalam.

Pasalnya, dinilai lamban dalam melakukan pemulihan saat listrik padam di sejumlah area Nisel. Buktinya, sejak dari Rabu (28/06/2023) dini hari hingga Sabtu, (01/07/2023) malam, listrik padam di salah satu area di Kecamatan Gomo, yakni menuju puncak Gomo. Bahkan di sejumlah area lain juga, diantaranya di Kecamatan Mazino, Aramo, Mehaga, Kecamatan Somambawa, Mazo dan area lainnya kerap terjadi pemadaman.

ads

Salah seorang pelanggan Restifal Telaumbanua kepada LiniPost.Com, Sabtu (01/07/2023) menyampaikan kekecewaannya.

“Memang kami sangat kecewa atas padamnya listrik yang sudah dua hari dua malam khususnya di puncak Gomo. Kami juga merasa dirugikan karena kurang responnya pihak PLN dalam memulihkan aliran listrik di wilayah kami. Apalagi ketika kami menyampaikan keluhan di Group WhatsApp Layanan Pelanggan PLN dimana mereka (pihak PLN-red) lamban menangani keluhan kami,” tandas mereka.

Ia juga meminta managemen PLN UP3 Nias khususnya ULP Teluk Dalam untuk lebih responsif jika listrik padam, karena listrik sangat dibutuhkan oleh warga, terlebih para pelaku usaha dan ibu-rumah tangga.

Terpisah, pantauan LiniPost.Com di WhatsApp Group Layanan Pelanggan PLN, Sabtu (1/7/2023), beberapa pelanggan juga menyampaikan keluhan kepada Operator TD 2 untuk pemulihan aliran listrik di wilayah mereka masing-masing.

Tetapi dari pihak PLN ULP Teluk Dalam melalui operator TD 2 hanya bisa memberikan jawaban bahwa penyebab padam Hilimagari, Kecamatan Mazino, Kecamatan Lahusa, Kecamatan Gomo dan sekitarnya ada percikan api di jamperan di Hilimagari. “Dan saat ini petugas sedang melakukan perbaikan, mohon bersabar bapak/ibu. Apabila pekerjaan sudah selesai akan kami pulihkan kembali,” kata Operator TD 2 saat menjawab keluhan para pelanggan di WhatsApp Group Layanan Pelanggan PLN.

Manager PLN ULP Teluk Dalam Fadli Umawi saat dikonfirmasi terkait ini lewat pesan WhatsApp, Jumat (30/6/2023), menjawab, kondisi saat ini sedang hujan badai, beberapa terjadi pemadaman diakibatkan gangguan pohon-pohon tumbang.

“Saat ini petugas sedang berupaya maksimal pelacakan dan memininalisir gangguan agar cepat pulih seluruhnya,” jawabnya.

Lalu, ditanya apakah ada istilah libur terkait pelayanan PLN jika terjadi gangguan seperti yang terjadi di puncak Gomo dimana beberapa hari padam tapi lamban direspon oleh pihak ULP Teluk Dalam, dan apakah tidak mendeteksi jika listrik padam, namun Manager PLN ULP Teluk Dalam tidak merespon meski sudah centang biru. (Aman Hlw)