Polres Nias Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2022

Gunungsitoli, LiniPost – Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, menjadi Pembina Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba Tahun 2022, dengan Perwira Apel Kasat Sabhara AKP A. Zendrato dan Komandan Apel Kanit Gakkum Sat Lantas Ipda B. Sianturi, di Lapangan Apel Mapolres Nias, Jalan Bhayangkara, No. 01, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Selasa, (1/3/2022).

Dalam kegiatan itu, dilaksanakan penyematan pita Operasi Keselamatan Toba 2022 kepada perwakilan dari Sub Denpom 1/2–5 Nias, Kodim 0213 Nias, Si Propam, Sat Lantas, Sat Sabhara dan Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli.

ads

Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk kesiapan personil dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada Operasi Keselamatan Toba Tahun 2022 sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada publik, sehingga masyarakat Sumatera Utara dapat patuh dan disiplin dalam berlalulintas sehingga angka pelanggaran maupun kecelakaan lalulintas dapat menurun dan penyebaran pandemi Covid-19 dapat dicegah.

Operasi tersebut dilaksanakan selama 14 Hari terhitung mulai dari tanggal 01 Maret sampai dengan 14 Maret 2022, dengan target operasi masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas serta kegiatan masyarakat dalam berlalulintas yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas, dengan melibatkan personil Satgas Polda Sumut sebanyak 150 orang dan Satgas Kewilayahan sebanyak 2.149 personil.

Dalam amanat Kapolda Sumut yang dibacakan Kapolres Nias, menyampaikan beberapa penekanan pada pelaksanaan operasi, sebagai berikut :

1. Lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan, penggalangan dan pemetaan terhadap  lokasi  rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan serta lokasi rawan penyebaran covid-19.

2. Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas dan bahaya penyebaran virus corona melalui kegiatan sosialisasi seperti pemasangan Spanduk, Banner, Baliho, penyebaran Leaflet dan Stiker.

3. Tingkatkan edukasi, penerangan dan bangun kesadaran masyarakat  untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan.

4. Optimalkan publikasi tertib lalulintas dan mematuhi protokol kesehatan melalui media massa baik media elektronik, cetak dan media sosial.

5. Gunakan handy talky  dan  alat  komunikasi lainnya sebagai sarana komunikasi dengan kesatuan.

6. Utamakan keselamatan jiwa, alat utama dan alat khusus yang digunakan dalam operasi.

7. Lakukan tindakan terhadap 9 pelanggar prioritas yaitu pengemudi ranmor yang menggunakan handphone, pengemudi ranmor masih di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 (satu) orang, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol, melawan arus, pengemudi yang tidak menggunakan Safety belt dan mengemudikan ranmor secara ugal-ugalan serta pelanggaran over dimension dan over load.

8. Laksanakan penugasan dengan berperilaku simpatik dan mengutamakan pelayanan prima.

Kapolda Sumut juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personil yang terlibat pada Operasi Keselamatan Toba Tahun 2022. “Semoga pengabdian tugas yang diberikan menjadi amal ibadah dihadapan Tuhan yang maha Esa,” pintanya.

Apel tersebut dihadiri Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Perangin Angin, Waka Polres Nias Kompol Eniali Hulu, Asisten I Pemko Gunungsitoli Arham Hia (Mewakili Walikota Gunungsitoli), Kadishub Kab. Nias Barat T.R. Mendrofa (Mewakili Bupati Nias Barat), Danpos AL Gunungsitoli Kapten Laut Herry, Kasatpol PP Kota Gunungsitoli, mewakili Kadishub Kota Gunungsitoli, Para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Nias, Personil Polres Nias, Personil  Kodim 0213 /Nias dan Personil Dishub Kota Gunungsitoli. (KZ)