Polres Nias Selatan Latih Personil Satpol-PP

Daerah, HEADLINE76 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost –  Kepolisian Resort Nias Selatan (Polres Nisel) melalui Satuan Samapta memberi Pelatihan dan Pembinaan kepada personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Kabupaten Nias, Selasa (5/9/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Kasat Samapta Polres Nias Selatan AKP Defta Sitepu diwakili Kaurbin Ops Ipda Edison Manik, SH beserta personilnya.

ads

Beberapa materi yang diberikan kepada anggota Satpol-PP, diantaranya, baris berbaris yang meliputi pengertian PBB, maksud dan tujuan, pengertian dan macam aba-aba, sikap dasar dari PBB termasuk gerakan di tempat, gerakan meninggalkan tempat, macam macam langkah, pengawalan VIP dan VVIP, senam borgol dan tongkat, simulasi pelatihan pemadam kebakaran, dan latihan dalmas awal yang berguna dalam melaksanakan pengamanan unjuk rasa.

Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari, mulai dari tanggal 5 September 2023 sampai dengan 09 September 2023, di Halaman Sekolah Caraka, Jalan Baloho, Teluk Dalam.

Kegiatan ini rutin dilakukan untuk dapat menjalin hubungan sinergitas yang baik antara Polri dengan Satpol- PP, serta untuk meningkatkan keterampilan personil Satpol-PP tentang pelaksanaan PBB, meningkatkan kedisiplinan hirarki dalam rangka pelaksanaan tugas sebagai kepolisian khusus (Polsus), serta dalam pertahanan diri dan pengamanan dasar unjuk rasa.

Kaurbin Ops Samapta Polres Nisel menyampaikan, Satpol PP juga berperan dalam membatu tugas-tugas Polri dalam mendukung Polri memelihara Harkamtibmas dan ketahanan, baik dalam menghadapi tantangan narkoba, radikalisme dan intoleransi umat beragama, serta tantangan-tantangan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Maka dengan itu membentuk disiplin dan memberikan pelatihan dasar bagi Satpol-PP Nias Selatan sudah merupakan tanggung jawab kami,” tandasnya. (Humas Polres Nias Selatan/Red)