Polresta Barelang Laksanakan Penertiban Bangunan di Lahan Milik Polri

HEADLINE, TNI/POLRI675 Dilihat

Batam, LiniPost – Polresta Barelang pada Rabu, (22/2/2023), sekitar pukul 08.30 WIB telah melaksanakan kegiatan pengamanan pengosongan bangunan atau kebun yang berada di atas lahan milik Polri, di belakang Polsek Batu Aji Kampung Bintang, RT. 003, RW. 016, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam.

Kegiatan pengamanan dipimpin oleh Kapolsek Baru Aji Kompol Restia Octane Guchy.

Tampak hadir dalam apel persiapan yaitu, Wakapolsek Batu Aji AKP Herman Kelly, Kanit Intelkam Polsek Batu Aji AKP Rosyid, Kanit Reskrim IPTU Fajar Bitikaka, Kanit Samapta IPDA Zainal, Kanit Binmas IPDA Pardede, Kanit Turjawali Sat Samapta Polresta Barelang, IPDA Nur Ikhsan, Kasi Ops Sat Pol PP Kota Batam Alex, Kepala UPTD Rusunawa Tanjung Uncang Roni. Sedangkan personil pengamanan gabungan terdiri dari 37 personil Polsek, Sat Samapta 10 personil, Sat Intel 2 personil, Sat Reskrim 4 personil, Propam 2 personil, Polwan 11 personil, Sat Pol PP 6 personil.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan penertiban, yakni sertifikat lahan Asrama Polsek Batu Aji, adanya pembangunan proyek sistem komunikasi Bhabinkamtibmas, Surat Peringatan (SP) I oleh Polsek Batu Aji, tanggal 11 Februari 2023, Surat Peringatan (SP) II oleh Polsek Batu Aji, tanggal 18 Februari 2023, Pemberian Surat Peringatan (SP) ketiga (III) tanggal 17 Februari 2023, Surat Peringatan diberikan ke warga pada tanggal 20 Februari 2023.

Pada apel persiapan, Kapolsek Batu Aji menyampaikan kepada seluruh personil penertiban untuk menghindari kekerasan dan tetap humanis, karna yang dihadapi adalah warga sendiri yang sudah lama tinggal di belakang Mapolsek Batu Aji.

Sekitar pukul 08.50 WIB, tim penertiban bergerak menuju lokasi selanjutnya melakukan penertiban yang dibantu menggunakan 1 (satu) unit excavator dari Dinas Bina Marga Kota Batam.

Di samping itu, Kapolresta Barelang melalui Kapolsek Batu Aji mengatakan, lahan milik Polri tersebut akan dipergunakan oleh Polri, dengan tahap pertama pembangunan tower komunikasi Bhabinkamtibmas dan untuk pembangunan selanjutnya menyesuaikan program dari Polda.

“Mohon maaf kepada warga kami yang sudah lama tinggal di belakang Mapolsek Batu Aji, kegiatan hari ini sesuai arahan pimpinan adalah untuk penertiban bangunan di atas lahan milik Polri, alhamdulilah berjalan dengan baik, warga kita tidak ada penolakan karna jauh-jauh hari sudah diperingatkan,” ungkap Kompol Guchy.

Ia menuturkan, di lahan milik Polri tersebut, terdapat 20 (dua puluh) unit bangunan semi permanen yang berdiri, yang ditempati oleh warga sebanyak 8 (delapan) KK dan 12 bangunan yang sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya.

“Bagi warga yang terdampak dari penertiban dan pengosongan bangunan, kami bekerjasama dengan UPTD Rusun Putra Jaya akan memberikan tinggal sementara secara gratis selama 3 bulan, kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuan UPTD Rusun Putra Jaya,” tutupnya. (Pinter Lature)