Prajurit Lanal Nias bersama Forkopimda dan Masyarakat Tanam 2.000 Bibit Mangrove

Nias Selatan, LiniPost – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia, 26 Juli 2022, menyambut HUT Ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022 dan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 di Bali, prajurit Lanal Nias bersama Forkopimda dan masyarakat melaksanakan penanaman 2.000 bibit mangrove di Pantai Hiliofonaluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Selasa (26/7/2022).

Kegiatan penanaman mangrove nasional dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi jajaran TNI AL di seluruh Indonesia yang pelaksanaannya terpusat di Kawasan Mangrove Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dengan tema “Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Global”.

ads

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah, memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut yang diarahkan pada penyiapan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Adapun sasaran yang dicapai yakni tercapainya RAK juang yang tangguh dalam rangka mewujudkan pertahanan negara, menumbuhkan kesadaran pentingnya pelestarian dan terpeliharanya hutan mangrove bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan wilayah, dan terwujudnya kerjasama yang baik antar komponen bangsa serta terjalinnya kemanunggalan TNI AL dan rakyat.

Selanjutnya dilaksanakan vidcon bersama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dilanjutkan penandatanganan prasasti dan penyerahan sertifikat Rekor MURI dan bahkan tercatat sebagai rekor MURI Dunia yang mana mencatatkan penanaman bibit mangrove sebanyak 1.000.377 bibit secara serentak di 77 lokasi sesuai dengan HUT Ke-77 RI Tahun 2022.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Babinsa Koramil Telukdalam, Babinpotmar Lanal Nias, Babinkamtibmas Polres Nias Selatan, Masyarakat Kecamatan Fanayama dan Pramuka Saka Bahari SMA Hang Tuah. (Sintel Lanal Nias/Red)