RAT Koperasi Osseda Tahun 2020 Dilaksanakan di Taman Baloho Indah Nisel

Daerah, HEADLINE412 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Dalam rangka laporan pertanggungjawaban bagi pengurus dan anggota, Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) khusus wilayah Nias Selatan (Nisel) 1 dan wilayah Nisel 11 Tahun Buku 2020.

Rapat dilaksanakan di Taman Baloho Indah (TBI), Kota Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (12/03/2021). Rapat juga sebelumnya telah dimulai di wilayah Nias dan Kota Gunungsitoli bertempat di Museum Pusaka Nias pada Rabu (10/03/2021).

ads

Murniwati Waruwu sebagai Ketua Dewan Pengurus Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan RAT tahun ini meskipun di tengah pandemi, tetap dilaksanakan, karena hal itu merupakan kepatuhan atas hukum yang berlaku.

“Pasalnya, koperasi ini telah terdaftar dan punya legalitas hukum, sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan koperasi kepada seluruh anggota dan pengurus. Seyogianya, seperti tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan RAT ini dilakukan secara serentak namun mengingat karena pandemi, maka pelaksanaan kegiatan RAT tahun buku 2020 ini dilakukan disetiap wilayah,” kata Murniwati.

“Pelaksanaan RAT wajib dilaksanakan oleh semua koperasi sebagai tanggung jawab pengurus dan pengawas untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban usaha atau kegiatan yang telah dijalankan disamping penyampaian rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi untuk tahun berikutnya,” sambungnya.

Mewakili rekan-rekan eksekutif sekaligus Ketua Panitia Pelaksanaan Kegiatan RAT Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias, Megawati Zebua dalam laporan pertanggungjawaban dan pelaksanaan RAT tahun buku 2020 menyampaikan, Koperasi ini merupakan lembaga keuangan yang telah berbadan hukum dan memiliki fisi yaitu ‘Terwujudnya Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias yang Mampu Meningkatkan Kemandirian Ekonomi, Pendidikan dan Politik Perempuan”.

“Koperasi ini adalah lembaga keuangan yang transparan dan akuntabel sehingga koperasi ini selalu melaksanakan RAT-an yang berdasarkan surat himbauan dari Dinas Koperasi Sumut perihal teknik pelaksanaan RAT yang sesuai dengan protokol kesehatan dan khursus koperasi ini,” jelasnya.

Apresiasi besar juga disampaikan oleh salah satu mewakili pengurus unit Samaeri Wilayah Nisel 1, Hanny Gowasa, dimana pelaksanaan RAT ini terlaksana dengan baik dan sesuai protokol kesehatan, terlebih-lebih dalam memilih tempat pelaksanaan kegiatan ini yang sangat strategis jauh dari kebisingan, sejuk dan nyaman, ketersediaan fasilitas yang bagus contoh salah satunya sound systemnya yang jelas.

“Sehingga kita dapat mendengar pembicara lebih datail, ditambah panorama pantai yang indah, kiranya pelaksanaan kegiatan kedepannya menjadikan Taman Baloho Indah ini tempat favorit pelaksanaan kegiatan Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias maupun kegiatan dari organisasi lainnya,” harap Hanny.

Kegiatan itu juga berjalan dengan baik dan lancar sambil ditandai dengan foto bersama seluruh anggota peserta RAT dengan Ketua dan Pembina Dewan Pengurus Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias. (Aris Zalukhu)