oleh

Rektor USU Resmi Buka PPKMB PSDKU-USU Nias Utara

Nias Utara, LiniPost – Program Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) pada Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Nias Utara (Nisut) resmi dibuka secara virtual-zoom oleh Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, bertempat di Aula Tafaeri, Kantor Bupati Nisut, Jum’at (9/9/2022).

Rektor USU mengatakan, tahun ini (2022) merupakan tahun kedua PSDKU-USU Nisut, di mana pada tahun akademik 2021/2022 ada 33 orang mahasiswa dan Tahun Akademik 2022/2023 ada 29 orang mahasiswa yang berada dalam Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian USU.

ads

“Semoga di tahun yang akan datang, mahasiswa bisa meningkat dan memungkinkan untuk berbagai program studi yang tentunya disesuaikan dengan peningkatan SDM di Kabupaten Nisut,” harapnya.

“Hari ini mahasiswa baru PSDKU-USU Nisut resmi menjadi keluarga besar USU yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi tertua dan terbesar di luar pulau Jawa,” sambung dia.

Ia menyebut, mahasiswa baru dari Nisut harus bangga dan semangat serta bersyukur dengan memanfaatkan kesempatan dan peluang yang didapat selama kuliah di USU, PSDKU pada dasarnya tidak ada bedanya dengan belajar langsung di kampus USU.

Wakil Bupati Nisut, Yusman Zega, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan PPKMB merupakan tahap awal bagi Mahasiswa untuk mengetahui lingkungan kampus sebelum memasuki perkuliahan.

Mahasiswa diharapkan tidak hanya belajar materi kuliah untuk mendapatkan nilai dan lembaran ijazah, akan tetapi pergaulan dalam dunia kampus baik internal maupun eksternal, dapat bermanfaat untuk mengembangkan kepribadian dan merubah sudut pandang kearah yang lebih baik.

“Pemerintah Kabupaten Nisut memberikan subsidi 75 % biaya perkuliahan di PSDKU-USU untuk membantu para orang tua mahasiswa. Untuk itu diharapkan kepada seluruh mahasiswa dapat belajar dengan baik,” pungkasnya.

Menurut dia, tenaga pengajar yang ada di PSDKU-USU Nisut rata-rata sudah berpendidikan S2, S3 bahkan ada yang sudah Profesor. “Kepada para mahasiswa jangan menyia-nyiakan kesempatan ini sehingga ke depan dapat mengabdikan dirinya untuk kemajuan Kabupaten Nias Utara,” harap dia.

Turut hadir saat itu, Sekda Nisut, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag Lingkup Sekda Nisut dan seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. (Man Lahagu)