RSUD Deli Serdang Turunkan Tarif Swab Test

Kesehatan1,861 views

Deli Serdang, LiniPost – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Deli Serdang, menurunkan tarif pemeriksaan swab, dan lebih murah dibandingkan rumah sakit swasta.

“Sudah kita turunkan mulai kemarin menjadi Rp825 ribu. Kalau untuk hasilnya 1 kali 24 jam bisa keluar,” ujar Humas RSUD Deli Serdang, Delyunmas Ziraluo, Minggu (11/10/2020).

ads

Dia mengungkapkan, sebelumnya pada awal-awal fasilitas PCR dibuka, harga untuk pemeriksaan swab mencapai Rp 1.750.000.

“Yang jelas kita mengikuti instruksi pemerintah pusat juga mengenai batas maksimal harganya. Rumah sakit swasta ada yang Rp 850 ribu jadi kita harganya dibuat lebih murah lagi, yakni Rp 825 ribu. Untuk satu hari hasilnya bisa diketahui. Kemampuan sampai 300, tapi selama ini belum pernah segitu, hanya berkisar 200 sampel saja,” katanya.

Menurutnya, banyak warga yang datang ke RSUD Deli Serdang untuk pemeriksaan swab lantaran memang belum semua kabupaten/kota memiliki fasilitas PCR.

“Ada pasien yang datang dari Kabupaten Batu Bara, Padangsidimpuan hingga Sibolga. Ya, mereka datang periksa untuk memastikan saja karena ada gejala. Kalau untuk rapid test masih ada, tapi itu untuk screening saja. Rapid test kan tidak menjadi penentu (apakah benar positif atau negatif),”  sebutnya.

Sementera, Ketua IDI Sumatera Utara, Edy Ardiansyah, menjelaskan bahwa penurunan harga swab test merupakan bagian dari program Menteri Kesehatan RI yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan tentang adanya subsidi ke rumah sakit rujukan Covid-19.

“Ya, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan, bahwa rumah sakit yang di subsidi bisa turunkan seharga seperti itu. Ada aturannya dari Menteri Kesehatan,” tukas Edy. (Syaifuddin Lbs)