Ruas Jalan dan Pemukiman Warga di Nisut Kembali Terendam Banjir

Nias Utara, LiniPost – Akibat diguyur hujan sejak Minggu (24/7/2022) Sore hingga Senin (25/7/2022) Pagi, mengakibatkan sejumlah rumah warga dan ruas jalan di Kabupaten Nias Utara (Nisut) terendam banjir.

Pantauan LiniPost.com, Senin (25/7/2022) Pagi, ruas jalan Lotu-Lahewa lumpuh total lantaran ketinggian air mencapai 1 (satu) meter. Demikian juga di ruas jalan Lotu-Tuhemberua dengan ketinggian air mencapai 50 Cm, bahkan di ruas jalan tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan.

ads

Tak hanya itu, sejumlah rumah warga masih terendam banjir sehingga aktifitas warga terganggu, termasuk para pegawai Pemerintah yang hendak berkantor terpaksa kembali ke rumah karena banjir di beberapa ruas jalan masih belum surut.

Alah seorang warga Desa Lawira Satua, Budiyatno Nazara, kepada LiniPsot.com menuturkan, akibat rumahnya terendam banjir, barang-barang elektronik miliknya dan buku-buku sekolah anaknya terendam banjir. Selain itu, sejumlah gabah padi miliknya juga ikut terendam banjir.

“Hingga saat ini belum ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk kami korban banjir. Kita berharap kepada Pemerintah dan simpatisan untuk membantu meringankan beban yang kami alami saat ini,” ujar Budiyanto.

Otoli Lahagu, salah seorang warga desa Dahana Hiligodu yang berdomisili di desa Lawira Satua menjelaskan, banjir datang dan mulai menggenangi rumahnya sekitar pukul 03.00 WIB, Senin (25/7/2022) dini hari.

“Akibat banjir ini beberapa peralatan servis roda dua milik adaik saya serta 1 unit mesin kendaraan roda dua yang sudah dibongkar (sedang servis) terendam banjir. Pada saat kejadian adik saya sedang di rumah sakit,” tutur Otoli. (Man Lahagu)