Rumah Warga di Desa Orahua Uluzoi Dirobohkan, Ini Alasan Kades

Daerah, HEADLINE596 views

Nias Selatan, LiniPost – Belum lama ini, sejumlah rumah warga Desa Orahua Uluzoi, Kecamatan Susua, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) dirobohkan oleh Kepala Desa dengan menggunakan alat berat excavator.

Kepala Desa (Kades) Orahua Uluzoi, Usman Laia, saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp, Rabu (24/8/2022) membenarkan perubuhan rumah warganya.

ads

“Benar, kita telah melakukan perubuhan beberapa rumah warga di Desa Orahua Uluzoi Minggu lalu,” tuturnya.

Usman mengungkapkan, alasan melakukan perubuhan beberapa rumah warga itu, yakni sesuai hasil musyawarah desa yang dihadiri oleh BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemuda dan tokoh wanita.

“Juga kesepakatan bersama dengan pemilik rumah,” katanya.

Ia menjelaskan, beberapa rumah warga yang dirubuhkan itu karena ada di pegunungan dan tidak merata tanahnya. “Makanya warga sendiri yang meminta untuk diratakan tapak rumah itu supaya bisa tersusun rapi jika mereka bangun kembali,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa alat berat excavator yang melakukan penggalian itu dibiayai oleh Dana Desa TA.2022.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Orahua Uluzoi, Kristianu Laia saat dikonfirmasi melalui WhatsApp (WA), Rabu (24/8/2022), membenarkan perubuhan rumah warga itu.

“Itu benar, dan itu hasil musyawarah bersama warga pada 10 Januari 2022 yang lalu, yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, adat, agama dan para pemilik rumah itu sendiri dan biayanya dibebankan pada anggaran Dana Desa tahun 2022,” tuturnya.

Ia menuturkan, penggalian dan pemerataan permukiman warga itu hanya dilaksanakan di Dusun satu (1), Jalan Hiliharefa.

Adapun tujuan perubuhan ini kata dia, yaitu untuk pelebaran jalan umum, pertapakan gedung PAUD, pencegahan longsor rumah warga sekaligus perataan pertapakan rumah warga yang berbukit.
(Risgow)