Samakan Persepsi, PAPN Kemhan Gelar Ngopi Bareng 

HEADLINE, Nasional444 views

Jakarta, LiniPost – Pejabat Fungsional Analis Pertahanan Negara Kementerian Pertahanan (PAPN Kemenhan) menggelar ngopi bareng pada Rabu, 26 Oktober 2022, pukul 08.30 WIB, di Aula Panca Prasetya Korpri, Lt 8, Gd Panjaitan, Ditjen Kuathan, Jln. Tanah Abang Timur, No.7, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini merupakan program kegiatan yang diharapkan dapat berkelanjutan. Dalam sambutan pembukaan Ketua PAPN Drs.Kosnadi M.Sc dalam acara tersebut mengatakan bahwa tujuan kegiatan ngopi bareng ini untuk meningkatkan koordinasi dalam menyamakan pemahaman persepsi dalam rangka meningkatkan kerja sama dan koloborasi antar pejabat APN serta meningkatan profesionalisme pejabat APN.

ads

Sementara, peningkatan pengabdian kepada bangsa dan negara sesuai tugas dan fungsi yang diembannya selalu digalakan bagi pejabat Fungsional Analis Pertahanan negara (APN) Kemhan, untuk itu maka pejabat Fungsional APN selalu dituntut untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan melalui berbagai pertemuan formal maupun non formal dalam bentuk Fokus Group Discussion (FGD), Webinar, Seminar dan sebagainya.

Analis Pertahanan Negara sebagai jabatan fungsional yang strategis, mempunyai tugas pokok dalam menganalisa berbagai issue terkait pertahanan, maka setiap saat para pejabat Fungsional APN dituntut untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan ketajaman analisanya sehingga setiap pemikiran yang dihasilkan dapat memberikan masukan dan saran kepada pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Salah satu langkah terobosan yang dilakukan oleh PAPN Kemhan dalam meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan kompetensi adalah menghadirkan berbagai pakar dari dalam dan luar Kemhan baik pejabat birokrasi, pengamat maupun pemerhati pertahanan dengan mengadakan berbagai kegiatan salah satunya adalah Ngopi bareng pertahanan yang dikemas  dengan suasana santai penuh keakraban sambil menikmati secangkir kopi tanpa meninggalkan kaidah keilmuan.

Kegiatan itu tidak hanya sebagai ajang silahturahmi antar pejabat Fungsional APN saja namun juga tempat untuk pembinaan, pemberdayaan dan peningkatan pengetahuan terkait isue pertahanan yang dapat diikuti oleh pejabat fungsional APN maupun pejabat  lainnya.

Pada kegiatan itu, APN Kemhan kali ini menghadirkan narasumber, yaitu Staf Ahli Menhan bidang Ekonomi, Laksda TNI Hendrawan Bayu Prewito, dengan memberikan materi pembekalan terkait Situasi Ekonomi dan Peran APN.

Dalam acara ngopi bareng APN disajikan  kuliner khas Aceh, terutama Kopi Arabika Gayo yang saat ini telah hadir di Cafetaria Strahan Kemhan. Jadi pegawai Kemhan dan masyarakat bisa mendiskusikan banyak hal ketika rehat sambil menikmati Kopi Aceh Arabika Gayo dengan mengikuti protocol kesehatan (Prokes) Kemhan RI.

Hadir saat itu, Ses Ditjen Strahan Kemhan Brigen TNI Octa Heru Ramzi, Ses Ditjen Kuathan Brigjen TNI Jimmi Alexander Andirman Ginting, SE, MM, Kapustekfunghan Badiklat Kemhan Dra. Endang Purwaningsih, MSc, Kabag Induk Ropeg Setjen Kemhan dan pejabat Fungsional APN Kemhan. (Sitho/Red)