Satu Terduga Pelaku Pembunuhan Kabag Organisasi Nisut Serahkan Diri ke Polisi

HEADLINE, Nasional2,251 views

Nias Selatan, LiniPost – Satu terduga pelaku pembunuhan Kabag Organisasi Nias Utara (Kabag Orsa Nisut) Gasali Lahagu yang ditemukan membusuk di Desa Lagundri, Kecamatan Lauhagundre, Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, berinisial HZ menyerahkan diri ke pihak kepolisian.

Dalam press release Humas Polres Nisel yang diterima LiniPost.com, Minggu (30/10/2022) menerangkan, tersangka tersebut adalah inisial HZ, yang menyerahkan diri setelah mendengar pers rilis oleh Kapolres Nisel, AKBP Reinhard H Nainggolan, SH., SIK, MH pada hari Jumat, tanggal 28 Oktober 2022 di Mapolres Nias Selatan.

ads

Dipaparkan, sebelumnya tersangka HZ berada di rumah kakeknya di Medan, yang melarikan diri usai melakukan pembunuhan terhadap korban bersama dua tersangka lainnya yaitu DN dan B.

Namun setelah mendengar dan melihat pers rilis dari Kapolres Nias Selatan, di media sosial, facebook, tersangka HZ kemudian berniat untuk menyerahkan diri dan menelpon orang tuanya di kampungnya, Gido, Kabupaten Nias, dengan menyampaikan bahwa dia (HZ) akan menyerahkan diri ke Polres Nias Selatan. Kakek tersangka kemudian menghubungi orangtuanya dan berkordinasi dengan Polres Nias untuk keberangkatan tersangka HZ dari Medan ke Gunung Sitoli.

Lalu, pada hari ini, Minggu, tanggal 30 Oktober 2022, tersangka tiba di Bandara Binaka dan langsung dijemput oleh Kapolres Nias dan dibawa menuju Mapolres Nias di Gunung Sitoli.

Kemudian Kapolres Nias berkordinasi dengan Kapolres Nias Selatan untuk proses penjemputan tersangka HZ.

Selanjutnya Kasat Reskrim Polres Nias Selatan bersama penyidik melakukan penjemputan tersangka ke Gunung Sitoli untuk kemudian dibawa ke Polres Nias Selatan guna penyidikan lebih lanjut.

Setelah tiba di Polres Nias Selatan, Kapolres menemui tersangka dan dilakukan interogasi awal terhadap HZ bersama tersangka DN yang terlebih dahulu sudah diamankan oleh penyidik Polres Nias Selatan.

Dari hasil interogasi itu, ditemukan adanya ketersesuaian keterangan antara kedua tersangka dengan alat bukti lain dan fakta-fakta, yang berhasil didapatkan oleh penyidik Polres Nias Selatan dalam pengungkapan kasus ini.

Sementara, Kapolres Nisel mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kapolres Nias dan semua pihak yang sudah membantu dalam pengungkapan kasus ini dalam waktu singkat yaitu 4 x 24 jam, sehingga semakin menaikkan citra Polri di masyarakat.

Diberitakan sebelumnya, pihak Polres Nisel sudah berhasil mengidentifikasi para tersangka. Korban diduga dibunuh oleh tiga orang pelaku yaitu berinisial D, B, dan H. Dan sebelumnya satu orang tersangka berinisial D berhasil diamankan. Dari tiga terduga pelaku tinggal 1 lagi yang belum diamankan, yakni berinisial B. (Humas Polres Nias Selatan/Red)