oleh

Sebanyak 17 Provinsi Laksanakan Penguatan Kompetensi Penceramah

 

Jakarta, Lini Post – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin mengatakan program Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah Agama telah terlaksana di sejumlah provinsi dari akhir September sampai awal bulan Oktober.

“Provinsi yang telah melaksanakan kompetensi penceramah adalah Sulut, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Sumut, Aceh, Kaltim, Sultra, Sulsel, Kalsel, Babel, Sumbar, Jateng, Kepri, Sulteng, Gorontalo, dan Sulbar. Sementara beberapa provinsi saat ini masih berlangsung penguatan kompetensi penceramah agama,” katanya dalam sambutan Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah Agama angkatan II di Hotel Grand Boutique, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (22/10).

Kamaruddin mengaku bahagia karena program Penguatan Kompetensi Penceramah Agama mendapat sambutan positif dari ormas keagamaan, khususnya bagi peserta penceramah agama Islam.

“Alhamdulillah program Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah Agama mendapat sambutan positif,” ujarnya.

Guru Besar UIN Alauddin Makassar itu menyatakan kegiatan bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi penceramah agama. Selain itu juga melibatkan beberapa pakar untuk memperkuat kualitas materi program, di antaranya pakar dari BPIP, BNPT, Lemhanas dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Penguatan Kompetensi Penceramah angkatan kedua untuk Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan pada 22-24 Oktober 2020, dengan peserta di antaranya dari PP Muslimat NU, LD Mathla’ul Anwar, DPP Wanita Syarikat Islam, Ittihadul Mubalighin, Persatuan Umat Islam (PUI), Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), BKPRMI, Pusbintal Mabes TNI, Ittihad Persaudaraan Imam Masjid, Lembaga Dakwah Tarekat Qadariyah Naqsabandiyah, persaudaraan Mubaligh Mubalighah Indonesia, FKPM Dai Kamtibmas Nasional Indonesia, Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia, Badan Komunikasi Dai Mulia Indonesia, Hidmat Muslimat NI, Perhimbunan Remaja Masjid DMI, dan Gerakan Pemuda Islam.

Sementara itu pelatihan serupa juga terus digelar di sejumlah provinsi dengan melibatkan ormas dan lembaga keagamaan Islam di wilayah masing-masing. (Hartono)

News Feed