Sejumlah Wartawan di Nias Utara Beraudensi ke Bupati

Daerah, HEADLINE1709 Dilihat

Nias Utara, LiniPost – Sejumlah wartawan dari berbagai media yang bertugas di Kabupaten Nias Utara (Nisut) beraudensi kepada Pemerintah Kabupaten Nisut, diterima langsung oleh Bupati Amizaro Waruwu, di Pendopo Bupati, Rabu (22/2/2023).

Maksud dan tujuan kedatangan mereka, yakni untuk bersilaturahmi kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara (Pemkab Nisut) serta guna mempererat hubungan kemitraan Pemkab Nisut terkhusus dalam menyebarluaskan informasi kegiatan Pemkab Nisut kepada publik melalui pemberitaan.

Mewakili seluruh peserta audensi, Famo Telaumbanua menyampaikan bahwa belakangan ini rekan-rekan jurnalis agak kesulitan mendapatkan informasi tentang kegiatan Pemkab Nisut, misalnya saat kedatangan Menteri Kesehatan RI belum lama ini, dimana tidak ada informasi dari dinas terkait kedatangan tamu nasional tersebut kepada wartawan.

“Kami ini mitra tentu informasi seputar kegiatan Pemkab Nisut mudah kami dapatkan sehingga insan pers bisa meliput kegiatan dimaksud. Seandainya ada kegiatan mendadak dan belum sempat dikabarkan kepada wartawan, Dinas Kominfo bisa buat press rilis kegiatan dimaksud dan dibagikan melalui sebuah wadah komunikasi (WhatsApp grup), sehingga kami mudah mendapatkan informasi untuk disebarluaskan kepada publik melalui pemberitaan media masa,” ujar Famo.

Senada juga disampaikan oleh Febeanus Zalukhu. Ia menuturkan, beberapa tahun terakhir kegiatan Pemkab Nisut sudah duluan disebarluaskan melalui akun facebook Kominfo Nisut atau akun facebook Bagian Protokol.

“Artinya kalaupun kegiatan dimaksud kami sajikan dalam prodak pers, publik sudah duluan mengetahui lewat media sosial. Jadi, kami berharap melalui pertemuan ini, hal yang sama ke depan tidak seperti itu sehingga kegiatan Pemkab Nisut yang kami publikasikan dalam bentuk prodak pers tidak terkesan ketinggalan informasi alias sudah basi,” pungkasnya.

Sementara,  Bupati Nias Utara sangat mengapresiasi kedatangan rekan-rekan media itu “Kita dari pemerintah Kabupaten Nias Utara selalu terbuka jika ada masukan bahkan kritikan dari siapa saja demi membangun Kabupaten Nias Utara,” kata Amizaro.

“Beberapa hal yang disampaikan para jurnalis terkait kegiatan Pemkab Nisut baik yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan, untuk memudahkan saudara-saudara insan pers memperoleh informasi akan dibuat WhatsApp grup yang dikoordinir oleh Dinas Kominfo. Perlu kami sampaikan, seandainya nanti Dinas Kominfo atau Bagian Protokol menyampaikan informasi adanya kegiatan pemerintah daerah yang akan dilaksanakan, rekan-rekan yang meliput kegiatan dimaksud jangan menuntut adanya biaya transportasi dari kita, sebab anggaran untuk itu tidak tersedia,” sambung dia.

Namun, sebagai bentuk dukungan Pemkab Nisut kepada reka-rekan pers, kata dia, pihaknya menyediakan satu ruangan dan perlengkapannya.

Turut hadir saat itu, Asisten, Staf Ahli, Kadis Kominfo, sejumlah Kepala OPD dan beberapa Kepala Bagian Setdakab Nisut. (Man Lahagu)