Sering Digenagi Air, PUPR : Jalan HB Jassin  Perlu Penanganan Bersama 

Daerah, HEADLINE8 Dilihat

Gorontalo, LiniPost – Jalan HB. Jassin (eks Agus Salim) Kota Gorontalo, menjadi salah satu wilayah yang sangat rentan terjadi genangan ketika musim hujan tiba. Butuh penanganan bersama untuk menyelesaikan persoalan tersebut, apalagi buat jalan berstatus jalan nasional.

Kepala Dinas PUPR Kota Gorontalo Rifaldi Bahsuwan mengungkapkan, yang dapat dilakukan pihaknya sejuhnya ini, adalah penanganan darurat saja. Untuk jangka Panjang, ia akan membicarakan penanganannya dengan pihak terkait.

ads

“Yang dapat kita upayakan sementara ini, dengan menggunakan sistem penyedotan pompanisasi. Alhamdulillah dibantu peralatan pompa air dari BWSS II, genangan sudah surut,” kata Rivaldy saat dihubungi lewat selulernya, Minggu, (23/5/21).

Meski demikian, Rifaldi tetap merencanakan untuk menuntaskan persoalan genangan tersebut. Menurutnya, dari hasil pengecekan lapangan, menemukan adanya perbedaan ketinggian elevasi, antara permukaan jalan dan drainase.

“Kemungkinan penanganan permanen kita akan buatkan pintu air, mengalirkan debit air apabila hujan tiba. Nantinya, pembuangan akan diarahkan ke telaga” jelas dia.

Upaya lain yang akan ditempuh oleh pihaknya, yakni melakukan pengerukan saluran dari sedimentasi material.

Ia menandaskan, dalam waktu dekat masalah penanganan genangan akan dibicarakan dengan pihak yang terkait, yaitu dengan pemerintah Provinsi dan Balai Jalan Nasional.

“Karena status saluran di wiliyah itu merupakan kewenangan Provinsi, dan jalannya adalah kewenangan Balai Jalan, Insha Allah dalam waktu dekat kita akan duduk Bersama membicarakan masalah tersebut,” ujarnya.

Rivaldy berharap, masyarakat juga dapat turut berpartispasi untuk penanganan masalah genangan, dengan meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan saluran sesuai fungsinya. (Apris)