Sertijab Bupati dan Wabup Nisel Dilakukan Hari Ini

Daerah, HEADLINE4 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Serah terima (Sertijab) Jabatan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Nias Selatan (Nisel) dilakukan dari Bupati dan Wabup lama, Dr. Hilarius Duha, SH.,MH dan Sozanolo Ndruru kepada Bupati dan Wabup yang baru dilantik Dr. Hilarius Duha, SH.,MH dan Firman Giawa, SH.,MH berlangsung di Aula Kantor Bupati Nisel Jalan Arah Lagundri-Sorake, Km.5 Kecamatan Fanayama, Kamis, (29/4/2021).

Sertijab turut dihadiri Kajari Teluk Dalam, Rindang Onasis, Ketua DPRD Nisel Elisati Halawa, Kapolres Nisel, AKBP Arke Furman Ambat, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Dandim Nias diwakili oleh Danramil Teluk Dalam Mayor Inf. Hatianus Zega, para kepala OPD dan Camat.

ads

Serah-terima memori jabatan itu dilakukan antara Plh. Bupati Ikhtiar Duha kepada Bupati dan Wakil Nisel yang baru dilantik.

Ikhtiar Duha dalam sambutannya menyampaikan, dalam kekosongan jabatan, harus diisi dengan jabatan Plh.

“Hal itu, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2008 tentang perubahan ke  tiga Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan dan pengangkatan serta pemberhentian Kepala Daerah (KDH), seperti yang amanatkan dalam Pasal 3 da 4,” ujarnya.

“Dan sesuai Radiogram Gubsu No. 131/3681/2021 tertanggal 21 April 2021 yang lalu, dan kami telah melaksanakan amanah tersebut,” sambungnya.

Ikhtiar mengungkapkan, selama menjabat menjabat sebagai Plh. Bupati, setiap ada hal-hal yang strategis yang diambil oleh Plh, wajib berkoordinasi kepada Gubernur Sumatera Utara.

Bupati yang baru dilantik, Hilarius Duha didampingi Wabup, Firman Giawa menuturkan, pada tanggal 26 April 2021 lalu, ia bersama Wakil Bupati Nisel, Firman Giawa telah dilantik oleh Presiden RI yang dilaksanakan Gubernur Sumut.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada mantan Bupati (red, Plh) yang telah melaksanakan tugas untuk mengisi kekosongan pemerintahan dan bisa berkoordinasi dengan yang lain, sehingga bisa berjalan dengan baik,” tukas Duha.

Mereka juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nisel yang telah memberikan kepercayaan kepada mereka untuk memimpin Nisel ini ke depan.

“Kepercayaan ini, bukan hanya sebatas kepercayaan sebagai jabatan Bupati dan Wakil Bupati, tapi jauh lebih penting kepercayaan ini untuk membangun Nisel yang lebih baik,” pungkasnya.

Ia menyebut, untuk membangun bukan hanya sebatas fisik, tapi membangun seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Sesuai arahan Pak Presiden RI melalui daring beberapa hari lalu, ada 2 penekanan, yaitu masalah pandemi Covid-19 untuk menjaga Prokes dan mengurungkan niat untuk mudik,” tukasnya.

Selain itu, terangnya, yakni tentang ekonomi. “Artinya, apa yang telah disampaikan Bapak Presiden, kita bisa menjabarkan ke bawah, salah satunya masalah belanja modal, agar jangan sempat ditahan-tahan dan harus sesuai regulasi yang ada,” tandasnya.

Disamping itu, ia juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama membangun Nisel ini menuju ” Masyarakat Maju, Masyarakat Sejahtera”.

“Kami tidak cukup 2 orang untuk membangun Nisel ini, namun mari kita sama-sama membangun dengan kerjasama yang baik,” tutupnya.(Risgow)