oleh

SMPS Bintang Harapan Terima Bantuan TIK dan Alat Laboratorium IPA dari Pusat

Nias Selatan, LiniPost – SMP Swasta Bintang Harapan Ulususua, Kecamatan Ulususua, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), menerima bantuan peralatan praktikum TIK dan alat Laboratorium IPA yang disalurkan oleh pemerintah pusat melalui program peningkatan mutu pendidikan di sekolah, Rabu (18/05/2022).

Kepala Sekolah (Kasek) SMP Swasta Bintang Harapan Ulususua, Hasan Hia, S.Pd membenarkan bahwa sejumlah peralatan praktikum TIK dan ratusan jenis alat laboratorium IPA bantuan dari pemerintah pusat telah tiba di sekolah, dimana diserahkan oleh pihak Duta Nusantara dan PT Surya Digital Samantha sebagai pengadaan barang dan jasa melalui pihak pengguna jasa kurir pengiriman barang.

ads

Diantara sekolah di wilayah Nisel yang menerima bantuan peralatan TIK dan alat laboratorium IPA tersebut, salah satu penerima terbanyak, kata Hasan, adalah SMP Swasta Bintang Harapan Ulususua.

Hasan menuturkan, peralatan TIK yang diterima oleh sekolah yang ia pimpin itu meliputi, 15 unit Laptop tipe ChromeOS + Chrome EDU 11.6 inci,  Wireless AC1200 4G Lite Multi-WAN Router dan alat pendukung lainnya.

Sedangkan alat Laboratorium IPA Fisika, yakni 34 jenis Kit Mekanika, 38 jenis Kit Hidrostatika dan Panas, 29 jenis Kit Optika, 41 jenis Kit Listrik dan Magnet, 11 alat umum Fisika. Alat Laboratorium IPA Biologi sebanyak 92 jenis, tuturnya.

Ia menyebut, semua peralatan TIK dan alat laboratorium IPA tersebut sepenuhnya akan dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memperluas wawasan siswa di Lingkup SMP Swasta Bintang Harapan Ulususua terhadap ilmu teknologi komunikasi digital, serta mendekatkan teori dalam pendidikan dengan praktek nyata agar siswa dapat memahami proses ilmu fisika dan biologi.

“Atas ini semua, kita ucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian khusus demi mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di SMPS Bintang Harapan Ulususua,” ujar Hia.

Menurutnya, peralatan TIK dan alat laboratorium ini sangat bermanfaat bagi siswa, terutama dalam membangun pemahaman konsep, verifikasi kebenaran konsep serta menumbuhkan keterampilan proses serta afektif siswa. Juga dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa untuk berinteraksi dengan alat dan bahan serta mengobservasi berbagai gejala secara langsung.

“Dalam proses peningkatan mutu pendidikan ini, kita juga mengharapkan kepada pemerintah terutama Dinas Pendidikan Nias Selatan agar sudi kiranya memperhatikan gedung SMP Swasta Bintang Harapan Ulususua yang hingga kini masih serba darurat, tetutama ruang kelas yang digunakan sebagai tempat belajar siswa sampai saat ini masih belum memadai,” harapnya. (Ohahau Giawa)