Speedboat Mutiara yang Hilang Kontak Berhasil Dievakuasi Binpotmar Lanal Nias bersama Tim Gabungan

HEADLINE, TNI/POLRI461 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Binpotmar Pulau Tello, Lanal Nias bersama Tim SAR gabungan antara lain, Polairud dan KSOP dibantu masyarakat mengevakuasi sebuah speedboat yang hilang kontak di antara Perairan Pulau Tello-Air Bangis, Kamis (14/09/2023).

Kronologis kejadian yakni, ketika Babinpotmar Pulau Tello Serma Nav Saud Mardenggan pada Kamis (14/9/2023), pukul 7.00.WIB, mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada sebuah Speedboat Mutiara yang hilang kontak saat berlayar antara Pulau Tello dan Air Bangis, selanjutnya Babinpotmar melaksanakan koordinasi dengan instansi maritim Pulau Tello untuk selanjutnya melakukan penyisiran dan pencarian terhadap speedboat tersebut.

ads

“Speedboat Mutiara yang dinakhodai Bapak Situasi dengan 2 orang Crew berangkat dari Pulau Tello dengan tujuan Air Bangis pada hari Rabu (13/9/2023) malam, pukul 19.00 WIB, lalu di tengah perjalanan speedboat diterpa cuaca buruk (badai) dan nahkoda memutuskan berlindung di salah satu pulau terdekat, yaitu Pulau Masire atau Pulau Masin,” kata Saud Mardenggan.

“Saat pencarian tersebut, kita bertemu dengan Speedboat Mutiara yang sudah putar kemudi di perairan Tanjung Wawa Tanamasa dan langsung kita laksanakan evakuasi dan dibawa kembali ke Pulau Tello,” sambung dia.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, SE.,M.Tr.Hanla, MM, CHRMP menghimbau kepada para pelaku usaha atau nahkoda yang ada di wilayahnya untuk memperhatikan cuaca saat berpergian dengan mengupdate prakiraan cuaca di situs BMKG maupun berkoordinasi dengan instansi maritim terdekat. (Penlanalnias/Red)