oleh

Terpilihnya Joe Biden Tak Berdampak Pada Investasi AS ke RI

Jakarta, LiniPost –  Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia  tidak akan berdampak signifikan terhadap arus investasi ke Indonesia.

Meski begitu, komunikasi dengan AS harus tetap dijaga demi hubungan kerja sama ekonomi yang lebih baik ke depan.

“Dalam sejarah, PMA (Penanaman Modal Asing) kita dari Amerika lima tahun terakhir, (dari Partai) Republik atau Demokrat yang menang itu tidak terlalu berdampak signifikan terhadap realisasi investasi Amerika di Indonesia. Saya pikir landai-landai saja,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (25/1/2021).

Bahlil menyebutkan, sepanjang 2020, AS masuk dalam urutan ke 8, yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia. Dimana realisasi investasi AS pada periode 2020 mencapai 749,7 juta dolar AS dari 1.471 proyek investasi.

Maka dengan kondisi tersebut, dia berpendapat terpilihnya Joe Biden tidak membuat Indonesia khawatir, khususnya dari sisi investasi. Namun, dengan hadirnya Joe Biden ini mungkin bisa membuat suatu kondisi yang lebih baik. “Itu harapan kita, tapi tidak tahu juga arah kebijakannya seperti apa,” ujarnya.

Advertisements

Jika merujuk data-data yang ada, lanjut Bhalil, seharusnya tidak ada masalah atau kekhawatiran soal terpilihnya Presiden Joe Biden. Yang kini penting untuk dilakukan adalah menjaga komunikasi demi hubungan kerja sama ekonomi yang lebih baik ke depan.

“Kalau saya lihat data-data terakhir, landai-landai saja ya, tidak ada masalah, tinggal bagaimana kita lakukan pola komunikasi yang baik,” pungkas Bahlil. (Hartono)

News Feed