Tim Penguji Latihan Glagaspur Kolat Koarmada I Gelar Pengujian Kesiapan Prajurit Lanal Nias

TNI/POLRI80 views

Nias Selatan, LiniPost – Tim Penguji Latihan Gladi Tugas Tempur, Komando Latihan Koarmada (Glagaspur Koarmada) I Jakarta, melaksanakan Uji Trampil terhadap prajurit Lanal Nias, Selasa (1/3/2022).

Dalam amanat Komandan Lanal Nias Kolonel laut (P) Antonius Hendro Prasetyo yang dibacakan oleh Palaksa Lanal Nias Mayor Marinir Ahmad Fauzi, pada pembukaan latihan mengatakan, latihan Glagaspur ini perlu dilakukan guna mengasah naluri tempur prajurit Lanal Nias dan untuk meningkatkan disiplin prajurit jika sewaktu-waktu dibutuhkan karena berbagai situasi yang membutuhkan kecepatan dan kesigapan dalam menempati pos tempur masing-masing.

ads

Sementara, Tim Penguji Latihan Glagaspur ini berasal dari Tim Komando Latihan Koarmada I Jakarta dipimpin oleh Letkol Laut (P) Robiyanto, S.H., M. Tr. Hanla (Katim), dengan anggota Letda Laut (P) Abdulah Adriq, Pelda EKO Ari, Serda BAH Kusmanto, Serda NAV Rico Hermanto dan Serda BAH Suprapto.

Adapun materi yang diuji, adalah Peraturan Militer Dasar (Permildas) PBB bersenjata, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Bongkar Pasang Senjata Laras Panjang SS1 dan Pistol G2 Combat, Uji Komunikasi Optis Semapore, Kecakapan Bahari Tali Temali dan Pluit, Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, Materi uji tertulis bertempat di ruang kelas Sintel, Materi Pertahanan Pangkalan, Penindakan Huru Hara (Dakhura) dan Evaluasi awal pelaksanaan kegiatan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 hari pertama.

Selama kegiatan, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hadir dalam acara pembukaan Latihan tersebut, Pasintel Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismali Hamid, Pasops Mayor Laut (P) Yudiono, Dandenpomal Mayor Laut (PM) Arisman, Ka Akun Lettu Laut (S) Purwanto dan Perwira Staf lainnya. (Sintel Lanal Nias/Red)