Tim Satgas Tanggap Darurat Sinabung Gelar Apel Pembersihan Abu Vulkanik

Daerah430 Dilihat

Tanah Karo, LiniPost – Pasca erupsi gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terjadi pada Sabtu (8/8/2020), terlihat beberapa lokasi masih diselimuti abu vulkanik yang menumpuk di sepanjang jalan dan rumah warga.

Tim Satgas Tanggap Darurat Bencana Sinabung terdiri dari TNI, Polri, Basarnas Medan, BPBD Karo, Damkar Karo, menggelar apel untuk melakukan pembersihan berlangsung di kantor Koramil 04/SE, Minggu (9/8/2020).

Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto S.Sos dalam arahannya, menginstruksikan seluruh petugas untuk menyebar di beberapa titik lokasi yang masih diselimuti abu vulkanik.

“Sekarang ini kita gelar apel seluruh tim Satgas Tanggap Darurat untuk pembersihan sisa material abu vulkanik yang masih bertumpuk pasca erupsi kemarin,” jelasnya usai memimpin apel pasukan tim Satgas Tanggap Darurat Sinabung.

Menurutnya, yang menjadi fokus utama penyemprotan abu vulkanik, yakni di Desa Naman Teran, karena kondisinya masih sangat parah.

“Target kita Desa Naman Teran karena yang paling parah terpapar abu, sementara yang lain akan menyebar ke beberapa lokasi lain yang juga terdampak,” ujarnya.

Dalam apel tersebut sebanyak 2 unit mobil pemadam kebakaran, dan truk water canon diturunkan untuk membersihkan material abu vulkanik yang menyelimuti desa. (Teguh Andika)