oleh

Tingkatkan Hasil Laut, Disperindag SBB Gelar Bimtek Diversifikasi

-Ekonomi-41 views

SBB, LiniPost – Otonomi Daerah (Otda) mengharuskan, kemampuan pelaksanaan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) daerah dalam upaya mengurus rumah tangga daerahnya sendiri, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sedangkan tujuan Otda itu sendiri pada hakekatnya agar daerah dapat menyelenggarakan pemerintahannya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan, demi mensejahterakan masyarakatnya. Hal tersebut disampaikan Asisten II Setda SBB, Adjai, SH, MSi ketika membuka kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Diversifikasi Hasil Laut yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten SBB, kantor kecamatan Huamual Belakang, Kamis, 8/10/2020.

Dikatakannya, potensi SDA Laut di kecamatan Huamual Belakang cukup besar. Untuk itu, dibutuhkan SDM yang mumpuni guna pemanfaatannya.

“Dengan demikian, pelatihan-pelatihan/ Bimtek seperti ini sangat dibutuhkan, guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam pengelolaan SDA yang nantinya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat itu sendiri,” ujar Adjai.

Dirinya berharap, para peserta, nantinya dapat mengikuti kegiatan Bimtek secara sungguh-sungguh, agar memperoleh pengetahuan dan kemampuan pengelolaan hasil laut yang komprehensif. Sehingg nantinya dapat mempengaruhi kemampuan peserta dalam menjalankan usaha kecil menengahnya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup.

“Kami yakin dan percaya dengan dilandasi sikap disiplin dan ulet, paham akan pengelolaan hasil laut perikanan, serta mimiliki kemauan usaha yang tinggi, maka para pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Disperidag SBB Sulaiman Kibas, dalam arahan singkatnya mengatakan, dengan adanya pelatihan ini dapat memotivasi masyarakat dan pelaku usaha dalam berkreasi, agar peningkatan pendapatan dapat tercapai, sehingga kesejahteraanpun dapat tercapai,” harap Kibas (Jabar.P)

News Feed