oleh

Tingkatkan Kualifikasi Guru, Pemkab SBB Gandeng Unpatti dan Dikbud Maluku

SBB, LiniPost – Guna meningkatkan mutu tenaga pendidik/guru dikabupaten Seram Bagian Barat (SBB), pemerintah Kabupaten SBB mengadakan kerjasama dengan Direktorat Pasca Sarjana Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. Kerjasama tersebut ditandai dengan Pedatanganan kerjasama peningkatan kualifikasi pasca sarjana tahun 2020/2021 antara Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat dengan Direktur pasca sarjana Universitas Pattimura Ambon serta Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, yang berlangsung di Lantai III kantor Bupati SBB, Selasa (13/10/2020).

Turut Hadir Bupati SBB, Drs. M Yasin Payapo, Kepala Dinas Provinsi Maluku, Dr Direktur Pasca Sarjana Universitas Pattimura Ambon, Para Dosen, Kepala Dinas Cabang Pendidikan SBB, Abidin Papalia SPi,

Kadis  Pendidikan Provinsi Maluku, Insun Sangadji mengatakan,  lewat pendidikan akan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mumpuni. Untuk itu, peningkatan pengetahuan sangatlah penting dami mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, Hingga saat ini provinsi Maluku berada pada posisi 32 dari 34 Provinsi dari faktor/segi kualifikasi kompetensi pendidikan.

“Dengan demikian, Kegiatan ini perlu diapresiasi karena akan meningkatkan kualitas mutu pendidikan di daerah SBB dan Maluku pada umumnya,” pungkas Sangadji.

Dirinya berharap, para peserta dapat memanfaatkan Peluang peluangyang ada dengan sebaik-baiknya.Hidup ini pilihan dan anda – anda sekalian telah memilih untuk menentukan jenjang S2, maka harus bisa raih dan berhasil,” pintanya.

Sementara itu, Direktur Pasca Sarjana Unpatti Ambon, Prof. Dr. Aleex Retraubun menandaskan, membangun Provinsi Maluku tidaklah mudah, karena Maluku merupakan daerah kepulauan yang memiliki banyak tantangan.

Apalagi, tambah Alex, dunia Pendidikan saat ini tengah dipengaruhi wabah Covid -19. Sehingga, Menteri Pendidikan mengeluarkan kebijakan sistem pendidikan selama Covid-19, yang bagi orang Maluku sangat berat, karena kebijakan tersebut harus ditopang dengan Listik dan jaringan komunikasi yang memadai.

“Olehnya itu mari katong membangun Maluku ini. Karena pada prinsipnya, Unpatti hadir untuk membesarkan orang Maluku dalam dunia pendidikan,” ujar mantan Wamen Perindustrian itu.

Menanggapi kerjasama itu, Bupati SBB, M. Yasin Payapo  atas nama pemkab SBB mengucapkan terima kasih kepada Dinas pendidikan Provinsi Maluku dan Direktur pasca Sarjana Unpatti Ambon, atas kerja sama dalam upaya peningkatan kualifikasi akademik untuk pendidik di Kabupaten yang dipimpinnya,” ucap Payapo dalam sambutannya.

Diyakininya, melalui gerakan peningkatan data pendidikan yang baik, maka kualifikasi mutu pendidikan di SBB dapat diwujudkan.

“Dengan demikian, kepentingan Pemerintah kabupaten SBB memastikan melalui kerjasama peningkatan kualifikasi pendidik ini akan melahirkan tenaga pendidik yangterlihat jelas profesionalitasnya kedepan,” harap Payapo

Payapo menandaskan, dirinya telah memerintahkan  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan peningkatan kapasitas Sumber Daya tenaga pendidik pada tahun 2021 nanti.

“Tahun depan, akan dianggarakan untuk program micros kepada 365 orang tenaga pendidik,” tandasnya. (Jabar)

 

News Feed