Tingkatkan Pengetahuan, Babinpotmar Lanal Nias Ikuti Penataran Kemampuan Potensi Maritim

Nias Selatan, LiniPost – Prajurit Lanal Nias yang juga merupakan Bintara Potensi Maritim (Babinpotmar), mengikuti Penataran Kemampuan Potensi Maritim Tersebar dari Staf Potensi Maritim TNI AL (Spotmaral), Markas Besar TNI Angkatan Laut, Jakarta. Kegiatan Tarpuan Potmar Tersebar tersebut dilaksanakan di Ruang Bima Mako Lanal Nias, Selasa (27/9/2022).

Sebagai Nara Sumber dalam kegiatan tersebut adalah Paban II Puan Potmar Kolonel Laut (P) Mulyadi, Pabandya Kommas Ban IV Spotmar Letkol Laut (KH) Ferry Tabas, Pabandya Binor dan Dokpenak Letkol Laut (P) Hendrik K. Sementara nara sumber dari Kodim Nias adalah Kapten Inf Yustinus Waruwu SE juga sebagai Perwira Penghubung Kodim 0213/Nias.

ads

Adapun pembekalan materi yang diberikan kepada para Babinpotmar Lanal Nias, yaitu pembekalan Materi Dawilhanla, Materi Tahwilmar, Materi Komsosmar, Materi Bakti TNI AL, Materi Kampung Bahari Nusantara (KBN), Materi Talak Binter dan Lima Puanter.

Kemudian semua peserta Babinpotmar melaksanakan praktek Puldata Potensi Maritim di kantor Koramil 12/Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan.

Pabandya Kommas Ban IV Spotmar Letkol Laut (KH) Ferry Tabas dalam paparannya mengatakan, Staf Potensi Maritim TNI AL bertugas membantu Kasal dalam menyelenggarakan fungsi Staff Umum Angkatan Laut di bidang teritorial matra laut, antara lain perencanaan program dan anggaran, pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan ketahanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial, pembinaan bhakti TNI AL, pembinaan pertahanan laut dan pulau-pulau terluar.

Ia menuturkan, tujuan dari Kampung Bahari Nusantara yaitu mewujudkan kampung yang mampu menjadi wadah kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka mengembangkan pelaksanaan tugas Binpotmar untuk mengembangkan Potwilmar meliputi edukasi, ekonomi, pariwisata, kesehatan, ketahanan dan pertahanan yang kemudian terwujudnya jiwa juang yang tangguh dan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Sementara narasumber dari Kodim Nias, Kapten Inf Yustinus Waruwu memaparkan lima kemampuan teritorial yaitu kemampuan menggalang masyarakat teritorial, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat, pembinaan kemampuan komunikasi sosial dan kemampuan ketatalaksanaan pembinaan teritorial. (Sintel Lanal Nias/Red)