Vaksinasi Covid-19 Digelar di Puskesmas Telukdalam

TNI/POLRI10 views

Nias Selatan, LiniPost – Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Koramil 12/Telukdalam, Kodim 0213/Nias, Babinsa tetap mendampingi kegiatan vaksinasi baik dosis kesatu, kedua dan ketiga di Puskesmas Telukdalam, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (15/3/2022).

Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf Hatianus Zega kepada LiniPost.com mengatakan, dalam pelaksanaan tugas di wilayah, Babinsa Koramil Telukdalam tetap mendampingi para vaksinator dalam melayani masyarakat.

ads

“Seperti hari ini di Puskesmas Telukdalam, Babinsa kita ikut mengarahkan masyarakat yang akan melaksanakan vaksin dan kita juga selalu mengimbau warga agar tetap mengikuti Prokes,” ujarnya.

“Saat ini informasi yang kita dapat baik melalui media elektronik atau media cetak bahwa pemerintah resmi telah menghapus persyaratan hasil tes Covid-19, baik rapid antigen maupun RT-PCR, sebagai salah satu syarat perjalanan dengan transportasi darat,” tutur dia menambahkan.

Ia menerangkan, ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) No.23/2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi darat pada masa Pandemi Covid-19, yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut dia, dalam rangka transisi menuju aktivitas normal, maka ada beberapa perubahan ketentuan mengenai upaya pengendalian Covid-19 khususnya pada transportasi di Indonesia.

Untuk itu, kini para pelaku perjalanan dalam negeri dengan transportasi darat tidak lagi diwajibkan membawa hasil tes antigen atau RT-PCR jika sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap atau dosis ketiga.

“Jadi, kami mengimbau warga binaan yang ada di Wilayah Koramil 12/Telukdalam yang belum sama sekali divaksin agar memberikan dirinya untuk divaksin dan nantinya akan memiliki sertifikat vaksin baik dosis kesatu, dosis kedua dan dosis ketiga,” paparnya.

Terlebih kepada warga yang sering melakukan perjalanan ke luar daerah supaya memiliki sertifikat vaksin yang menjadi syarat perjalanan dan aman dalam pemeriksaan serta jauh dari penularan Covid-19.

Di samping itu, para peserta vaksin saat ini kebanyakan masyarakat yang ingin vaksin ketiga atau Booster (pendorong), tujuannya untuk mendorong dan membentuk sistem imun tubuh menjadi baik, sehingga dapat memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kita berharap dukungan dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat agar giat vaksin ini dapat tercapai dan sukses,” tukas Danramil.

Kegiatan berlangsung dengan baik dan aman dengan mengikuti Prokes. (Red)