oleh

Warga Hilifondrege Hilizoroilawa Gotong Royong Buka Jalan Desa

Nias Selatan, LiniPost – Pemerintah Desa Hilifondrege Hilizoroilawa, Kecamatan Mazino, Kabupaten Nias Selatan, melakukan inovasi membuka jalan baru demi memperlancar akses transportasi bagi warga desa.

Sejumlah warga dan kepala desa bergotong royong di jalan baru yang telah dilebarkan. Jalan ini rencana akan digunakan sebagai penghubung jalan desa hingga ke beberapa desa di kecamatan lainnya.

“Selain itu, jalan ini dapat menghubungkan Desa Hilifondrege Hilizoroilawa dengan desa di kecamatan lainnya seperti Desa Hilinawalo Fau, luasannya sekitar  6 meter lebih,” kata Kepala Desa Hilifondrege Hilizoroilawa Toroziduhu Loi saat dikonfirmasi di lokasi gotong royong, Senin, (18/10/2021).

Pembangunan jalan menurut dia, merupakan inisiatif dan swadaya masyarakat untuk memudahkan dan memperlancar dalam mengangkut hasil pertaniannya.

Ia menambahkan, Pemerintah Desa melalui Dana Desa dari Tahun 2019 sampai dengan Tahun 2021 ini, telah menganggarkan dan melaksanakan proses pembangunan secara bertahap.

“Melalui Dana Desa kita telah melaksanakan semenisasi, namun sangat terbatas karena untuk penggunaan Dana Desa saat ini banyak alokasinya dan keuangannya juga sangat terbatas. Jadi kami dalam hal ini masyarakat Desa Hilifondrege Hilizoroilawa sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk membantu kami agar jalan menuju lokasi pertanian ini segera rampung dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” harap Kepala Desa.

Hal serupa juga diharapkan oleh Sarieli Salawazo sebagai Ketua BPD. Ia mengatakan, dengan terbukanya akses jalan tersebut dengan baik, maka dapat dipergunakan dengan maksimal oleh warga masyarakat nantinya. Selain  dapat membuka peluang ekonomi baru masyarakat setempat, juga dapat meningkatkan PAD ke depannya.

Pasalnya, jalan itu bisa sekaligus menjadi penghubung di beberapa kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Onolalu, Kecamatan Maniamolo dan Kecamatan Aramo.

“Jadi, saya optimis sekali kalau akan merubah perekonomian warga, bahkan warga desa lainnya yang terhubung dengan akses jalan ini. Saya sebagai Ketua BPD sangat mendukung program ini dan sangat mengharapkan pemerintah daerah kita bisa membantu melanjutkan pembangunannya,” tandas Sarieli.

Advertisements

Senada juga diungkapkan tokoh masyarakat, Marinus Ndruru. Ia menyebut, pembukaan jalan itu sangat diharapkan masyarakat dan dinanti-nantikan pembangunannya karena jalan itu adalah akses utama menuju lokasi pertanian masyarakat yang merupakan sumber mata pencaharian dalam pemenuhan hidup.

“Mohon dukungan dan perhatian pemerintah daerah agar jalan ini dapat dilanjutkan pembangunannya,” ujar Marinus.

Sementara, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Mazino, Solala Wau sangat mengapresiasi dan mendukung atas apa yang telah dilakukan oleh Kepala Desa Hilifondrege Hilizoroilawa, di mana selama menjabat sebagai kepala desa, tidak henti-hentinya dia (Torziduhu-red) untuk melakukan program membangun desa.

“Saya bangga dan salut kepada kepala desa Hilifondrege Hilizoroilawa ini, tiap tahun ada saja programnya untuk terus berinovasi dan berkarya dalam hal pembangunan. Seperti halnya pembangunan jalan menuju lokasi pertanian yang saat ini dikerjakan yang bersumber dari DD,” pungkas Solala. (Aris Zalukhu)

News Feed