oleh

6 Pasien Covid-19 di Nisut, Dipulangkan Tanpa Pemeriksaan Akhir

Nias Utara, LiniPost – Setelah beberapa menjalani Isolasi di Rumah Sakit Pratama Nias Utara, 6 (enam) orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, dipulangkan tanpa pemeriksaan akhir, Kamis (27/8/2020).

Direktur Rumah Sakit Pratama Nias Utara, dr Wirman Nazara saat dihubungi  melalui seluler Kamis (27/8/2020) mengatakan, pemulangan terhadap pasien, selain masa karantina berakhir, juga dilakukan berdasarkan petunjuk revisi ke-V Kementeri Kesehatan.

Menurut Wirman, dalam petunjuk Kemenkes tersebut, selain tidak diwajibkan pemeriksaan akhir, pasien juga bisa dipulangkan usai menjalani karantina dengan catatan wajib memperpanjang karantina di rumah selama tujuh hari tanpa beraktivitas.

Ditanya soal kesembuhan pasien yang dipulangkan tanpa pemeriksaan kesehatan, Wirman enggan memberi kepastian. “Kalau itu, saya tidak bisa pastikan, karena dia hanya menjalankan aturan dan petunjuk dari Kementerian kesehatan,” ucapnya.

Ia menerangkan bahwa selama di karantina/ di isolasi di Rumah Sakit Pratama, pasien yang enam orang tersebut, sehat-sehat saja dan tidak ada keluhan sakit.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nias Utara, Ya’adil Telaumbanua, saat dihubungi melalui seluler, Kamis (27/8/2020) membenarkan  6 pasien Covid-19 yang selama ini di isolasi di Rumah Sakit Pratama. “Hari ini diperbolehkan pulang di rumah masing-masing dengan syarat tetap melanjutkan isolasi mandiri di rumah,” ujarnya.

Diketahui, pasien positif Covid-19 berinisial CSN (Lk) mulai di isolasi di Rumah Sakit Pratama tanggal 9 Agustus 2020. Sedangkan lima rekannya yang lain yakni, MRH (Pr), RPT (LK), MLZ (Lk), IFG (Lk) dan ART (Lk) mulai di isolasi tanggal 14 Agustus2020. Mereka dinyatakan positif Covid-19, berdasarkan hasil  pemeriksaan swab tes cepat molekuler (TCM) di RSUD Gunungsitoli. (Man Lahagu)

News Feed