Tim SAR Lanal Nias bersama Tim Gabungan Berhasil Temukan Warga yang Hanyut di Laut

HEADLINE, Peristiwa12 Dilihat

Nias Selatan, LiniPost – Tim SAR Lanal Nias bersama Tim SAR gabungan berhasil menemukan Aoha’oli Duha (55), warga desa Hilisataro Raya, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara yang dilaporkan hanyut saat memancing di laut.

Saat melakukan pencarian terhadap korban, tim terbagi dua, yaitu tim penyisiran pantai dipimpin oleh Letda Laut (PM) Wahyudi Okte beranggotakan enam personel Lanal Nias dan Tim SAR laut Lanal Nias dipimpin oleh PjS. Pasops Lanal Nias Letda Laut (P) Rozi  beranggotakan lima personel yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan bersama Koramil Telukdalam, Polair Polres Nias Selatan dan Basarnas Nias serta masyarakat desa Hilisataro .

ads

Tim melakukan penyisiran di pantai sekitar lokasi korban memancing ikan. Sedangan Tim SAR laut Lanal Nias melaksanakan pencarian di laut dengan menggunakan Sea Rider Lanal Nias.

Palaksa Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismail Hamid mengatakan, Tim SAR Lanal Nias dibagi dua yaitu tim pertama melaksanakan pencarian dan penyisiran di sekitar pantai Hilisataro bersama masyarakat.

“Tim ini berangkat ke lokasi semenjak malam pukul 19.00 WIB. Sedangkan Tim kedua, melaksanakan pencarian di laut, depan desa Hilisataro, dengan menggunakan Sea Rider Lanal Nias,” paparnya.

Sebelum melaksanakan tugas, personel SAR Lanal Nias menerima briefing di Mako Lanal Nias dipimpin oleh Mayor Laut Ismail Hamid.

“Jangan lupa selalu memakai alat keselamatan selama berada di laut,” pesan Mayor Hamid.

Tim SAR penyisiran pantai dari Lanal Nias tiba di lokasi pada pukul 19.30 WIB, langsung melakukan penyisiran di laut. “Walaupun hari sudah gelap, namun tidak menyurutkan niat kami untuk memberikan bantuan kepada masyarakat,” tegas Palaksa Lanal Nias.

Kemudian, pada Minggu 27 Nopember 2022 Pukul 05.15 WIB, Tim SAR Lanal Nias dengan menggunakan Sea Rider melaksanakan pencarian dan penyisiran laut di depan desa Hilisataro, kemudian ikut bergabung Tim SAR dari Satpolair Polres Nias Selatan, Basarnas Nias dari kota Gunung Sitoli dan KPLP Nias Selatan untuk melaksanakan penyisiran di laut sekitar lokasi tenggelamnya korban.

Pukul 08.30 Wib Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban di dalam air kedalaman 20 meter dalam kondisi sudah meninggal dunia. Kemudian korban diangkut ke rumah duka dan diserahkan ke pihak keluarga.

Pukul 10.00 WIB jenazah korban divisum oleh tim medis dari Puskesmas Telukdalam.

Terkait penemuan itu, pihak keluarga korban mengucapkan terima kasih kepada Tim SAR Gabungan karena sudah membantu mencari korban, sehingga berhasil ditemukan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim SAR dari Lanal Nias yang pertama kali turun ke lokasi pencarian,” kata salah seorang pihak keluarga korban.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Satpolair Polres Nias Selatan, Basarnas Nias dari kota Gunung Sitoli dan KPLP Nias Selatan yang telah berusaha untuk melakukan pencarian korban,” sambungnya. (Sintel Lanal Nias/Red)