oleh

Film Sepeda Presiden Penanda 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya

Jakarta, LiniPost – Film “Sepeda Presiden” menjadi salah satu penanda 40 tahun Garin Nugroho berkarya dari kecintaannya terhadap anak-anak, musik, Indonesia dan negeri Papua.

Meski sudah berkali-kali Garin mengunjungi Papua, kecintaan dan kekagumannya akan keindahan tanah Papua tak pernah berkurang sedikit pun. Baginya, Papua adalah sebuah sumber spirit, sumber talenta akting, tari dan nyanyi, serta kegembiraan.

ads

Setelah proses syuting selama satu bulan, Film “Sepeda Presiden” yang disutradarai Garin Nugroho dan diproduksi oleh rumah produksi Radepa Studio ini merilis poster resmi “Sepeda Presiden” dalam rangkaian “40 Tahun Garin Nugroho Berkarya” di acara Bali International Film Festival (BALINALE) yang diselenggarakan di XXI, Park 23, Kuta, Bali.

Film yang dibintangi Ariel Tatum, Sita Nursanti, Ian William, Joanita Idol dan Papua Kids, 3 anak Papua yang berbakat; Arnold Asmuruf, Franken Ramandei, Elias Pandawa ini dikemas menjadi sebuah film keluarga yang mengajak kita bernyanyi dan bergembira bersama. Demikian disampaikan dalam keterangan pers yang diterima, Senin (15/11/2021).

Sebuah perjalanan ‘Kebahagiaan’ ingin ditampilkan dalam film “Sepeda Presiden” lewat 15 lagu dalam warna tradisi Papua, pop kreatif dan RAP yang menghiasi film ini.

Untuk produksi lagu, Radepa Studio bekerjasama dengan RPM, yang juga telah merilis OST “Risau” yang dinyanyikan Ariel Tatum, pada 29 Oktober 2021.

Garin Nugroho yang baru saja mempertunjukkan karya teaternya berjudul “Planet, A Lament” – sebuah nyanyian tentang alam dari Melanesia dan berkeliling Australia, Belanda hingga Jerman ini menganggap bakat-bakat yang dimiliki para sahabat Papua ini, memberi inspirasi besar baginya untuk menggarap film Sepeda Presiden bersama dengan Hestu Saputra yang menjadi Co-Director di film ini.

Film “Sepeda Presiden” adalah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia untuk bisa memiliki kebahagiaan yang sama dimiliki oleh saudara-saudara yang lainnya yang memiliki kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan.

Menurut Avesina Soebli, film “Sepeda Presiden” menjadi film keluarga yang sangat menghibur untuk disaksikan dan mari bernyanyi bersama. (Hartono)