oleh

Mengenal Sosok Balohuku Tafonao yang Aktif di Berbagai Organisasi

-HEADLINE, Sosok-1,440 views

Nias Selatan, LiniPost – Balohuku Tafonao, S.Pd merupakan salah satu sosok pemuda milenial Nias Selatan (Nisel) yang aktif di berbagai organisasi, baik dalam kampus maupun di luar kampus.

Balohuku Tafona’o berasal dari keluarga yang sangat sederhana di sebuah kampung kecil bernama Lewuoguru Desa Lawa Lawa Luo Gomo, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan. Ia juga merupakan anak pertama dari 5 bersaudara.

ads

Ama Eiyar Tafonao nama panggilan sehari-harinya, lahir di Lawa Lawa Luo Gomo, 05 Juli 1988 dan menamatkan diri dari SD Negeri Sifaoroasi Gomo tahun 2002, kemudian pada tahun 2005 menamatkan pendidikan SMP nya di SMP Negeri 1 Gomo, lalu menamatkan pendidikan tingkat SMA pada tahun 2008 di SMA Negeri 1 Gomo, dan menyelesaikan studi S-1 nya di Universitas Darma Agung pada tahun 2013 yang lalu.

Bapak anak 1 ini, kepada LiniPost.com lewat WhatsApp nya, Kamis (23/9/2021), menyampaikan bahwa dirinya sejak kecil sudah biasa kerja keras, bahkan selama kuliah di Medan dia bekerja serabutan, mulai dari kernek, kuli bangunan, narik becak, guru les hingga mengajar di beberapa sekolah SMA di Medan. Alumni Fisika UDA Medan ini sudah ikut di beberapa organisasi baik di dalam maupun di luar kampus.

Dalam berorganisasi, ia pernah menjabat sebagai Ketua Mahasiswa Nias (KMN) Komisariat UDA, Herna dan ISTP Medan periode 2011/2012 yang lalu.

Suami dari April Meganti Gulo ini menuturkan, sejak 2010 yang lalu, ia terjun di dunia asuransi, yaitu PT Prudential Life Assurance dan merupakan sosok dibalik membumingnya asuransi di seluruh Kepulauan Nias hingga dia kini terbilang sukses. Ia juga berdomisili di Jalan Lintas Gomo Boronadu, Sp. Lewuoguru, No. 01 Desa Orahili Gomo, Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan.

Selanjutnya, pada tahun 2020 lalu, ia aktif sebagai Sekretaris Umum Persaudaraan Mado Tafonao (PERMATA), dan Humas Lembaga Bantuan Hukum Pembela Rakyat Mado Tafonao (LBH PERMATA).

Dan pada tanggal 26 Juni 2021, ia mendapat amanah dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Nias Selatan sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC ) PDI-Perjuangan, Kecamatan Gomo.

Alasannya terjun ke dunia politik, yakni untuk memperjuangkan aspirasi dan hak-hak masyarakat, bila ke depan mendapat amanah dari masyarakat.

 (Risgow)